Home Info Sawit Airlangga: Saya Siap Jadi Pembina SAMADE

Airlangga: Saya Siap Jadi Pembina SAMADE

Jakarta, Gatra.com - Lelaki 59 tahun ini sontak menebar senyum, "Saya mau, siap. Wong ini demi kepentingan petani toh, demi kepentingan rakyat Indonesia," kata ayah 8 anak ini tenang.

"Selagi apa yang dilakukan SAMADE untuk kemajuan petani kelapa sawit, saya siap jadi pembinanya," Airlangga Hartarto mengulangi omongannya sambil memandangi tetamu yang sengaja dia undang ke ruang kerjanya di lantai tiga gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di kawasan jalan Lapangan Banteng Jakarta, kemarin sore.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini bilang begitu setelah Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Sawitku Masa Depanku (DPP-SAMADE), Tolen Ketaren, memintanya menjadi Ketua Dewan Pembina SAMADE.

Kemarin, lelaki 50 tahun ini tidak sendirian datang ke sana, ayah lima anak ini ditemani oleh Wakil Ketua DPP SAMADE, Karmila Sari, Ketua Bidang Hukum DPP SAMADE, Abdul Aziz dan Sekretaris DPW SAMADE Riau, Syahroni Tua.

Kepada Gatra.com, Karmila cerita kalau Airlangga memang bilang begitu. "Kebetulan kami diundang Pak Airlangga diskusi soal kelapa sawit dan nasib petani kelapa sawit swadaya di Indonesia," katanya jelang siang tadi.

Saat diskusi itulah kata Ketua Fraksi Golkar DPRD Riau ini, Tolen meminta kesediaan Airlangga menjadi Ketua Dewan Pembina SAMADE, "Dan beliau menyatakan setuju," cerita perempuan 39 tahun ini.

Saking semangatnya, akhir bulan ini Ketua Umum DPP Golkar itu langsung berencana datang ke Riau untuk ketemu dan berdialog dengan para petani sawit swadaya.

"Pak Airlangga juga ingin menengok UMKM berbasis sawit yang saat ini sedang dikembangkan oleh SAMADE Riau. Salah satunya bisnis lidi sawit dan batik sawit Nusantara," terangnya.

Apa yang diceritakan ibu dua anak ini diamini oleh Tolen. Airlangga kata Tolen sangat senang bahwa kelapa sawit telah menjadi primadona di Indonesia dan menjadi penopang ekonomi di masa pandemi. "Pak Airlangga senang menengok harga Tandan Buah Segar (TBS) yang terus membaik meski di masa pandemi. Bagusnya harga itu tentu sangat berpengaruh pada ekonomi petani sawit yang juga ikut membaik. Inilah yang ingin didengar langsung oleh Pak Airlangga makanya beliau berniat datang ke Riau. Mudah-mudahan dengan kunjungan nanti, akan muncul upaya-upaya baru untuk kesejahteraan petani sawit," harapnya.

Dari cerita yang dirangkum Gatra.com, pertemuan SAMADE dengan Airlangga kemarin sesungguhnya bukan kali pertama, tapi kelanjutan dari pertemuan September tahun lalu.

Saat itu Tolen ditemani pengurus Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (APOLIN), MP Tumanggor. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, ada juga di sana.