Home Kalimantan Pertumbuhan Ekonomi Kalsel di Masa Pandemi Naik 5,29 Persen

Pertumbuhan Ekonomi Kalsel di Masa Pandemi Naik 5,29 Persen

33

Banjarbaru, Gatra.com- Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kalimantan Selatan tahun 2021, mampu menyentuh angka 71,28 persen. Ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 69,05 persen.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor menyampaikan hal tersebut pada pemaparan implementasi Sistem Akuntablitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada jajaran KemenPAN-RB secara virtual di Banjarbaru, Kamis (17/2).

"Pertumbuhan ekonomi Kalsel di masa pandemi naik sebesar 5.29 persen, meski sebelumnya sempat mengalami kontraksi. Ini dapat terlihat dari menggeliatnya roda ekonomi di pasar-pasar dan tempat lainnya, serta antusias masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan, sandang, dan papan," ujar gubernur yang akrab disapa Paman Birin itu.

Sahbirin menyebut, proses penerapan akuntabilitas membutuhkan pengawalan dan kerja sama dari semua lingkup SKPD. "Untuk mengawal akuntabilitas ini, kita menggunakan aplikasi e-SAKIP sebagai instrumen evaluasi," bebernya.

Peningkatan akuntabilitas kinerja birokrasi, beber Sahbirin Noor, telah membuahkan beberapa hasil, diantaranya refocusing program dan kegiatan, dari 138 program di tahun 2020 menjadi 130 program di tahun 2021.

"Refocusing anggaran lebih dari 1.4 triliun rupiah, dan berhasil dilakukan efisiensi anggaran lebih dari 174 miliar." ungkapnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS