Home Info Telkom Dukung Aksi Pilah Sampah, OASE Kabinet Indonesia Maju dan Gerakan Indonesia Bersih

Dukung Aksi Pilah Sampah, OASE Kabinet Indonesia Maju dan Gerakan Indonesia Bersih

Jakarta, Gatra.com – Dalam rangka mendukung Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap tanggal 21 Februari, Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE Kabinet Indonesia Maju), Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Badan Usaha Milik Negara (K BUMN), dan Ikatan Istri Pimpinan (IIP) BUMN terlibat aktif dalam aksi Gerakan: Yuk Pilah Sampah.

Bersama masyarakat di lingkungan sekitar, selama periode 14-16 Februari 2022, aksi Gerakan: Yuk Pilah Sampah memisahkan sebanyak 151 ton sampah ke dalam lima kategori, yaitu sampah anorganik, sampah organik, sampah kertas, sampah elektronik, dan sampah masker.

OASE Kabinet Indonesia Maju adalah organisasi khusus gagasan Ibu Negara dan Ibu Wakil Presiden serta disepakati para pendamping Menteri Kabinet Indonesia Maju. OASE Kabinet Indonesia Maju merupakan wadah untuk jejaring komunikasi dan koordinasi untuk memudahkan seluruh anggotanya secara bersama-sama melakukan serangkaian aktivitas yang berguna bagi masyarakat luas sejalan dengan program Kabinet Indonesia Maju.

DWP K BUMN adalah organisasi perempuan yang berada di lingkungan Kementerian BUMN serta BUMN di mana tujuan keberadaannya adalah meningkatkan kualitas Sumber Daya anggota keluarga PNS untuk mencapai kesejahteraan nasional. Sedangkan IIP BUMN merupakan organisasi yang bersifat sosial dan kekeluargaan yang membina anggotanya untuk mendukung mewujudkan tujuan nasional yaitu menciptakan masyarakat adil, makmur, dan sejahtera secara merata di wilayah kesatuan Republik Indonesia.

Ibu Liza Erick Thohir, Ketua Bidang 4 OASE Kabinet Indonesia Maju, dan Penasihat GIB DWP K BUMN – IIP BUMN mengatakan, “Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah aktif berkolaborasi dalam mendukung aksi Gerakan: Yuk Pilah Sampah. Melalui keterlibatan kami dalam aksi Gerakan: Yuk Pilah Sampah, kami berharap agar masyarakat khususnya karyawan dan istri di lingkungan BUMN semakin aktif secara berkesinambungan dalam mengelola sampah mulai dari rumah sendiri. Tentunya ini akan menjadi kegiatan yang berkelanjutan sehingga dapat memberikan manfaat bagi kelestarian bumi kita sekaligus ikut serta dalam membudayakan ekonomi sirkular.”

Kegiatan Gerakan: Yuk Pilah Sampah selama tiga hari, yaitu 14-16 Februari 2022, melibatkan 20.508 orang relawan dari OASE Kabinet Indonesia Maju, DWP K BUMN dan 65 Ikatan Istri Karyawan (IIK) BUMN. Dari total 151 ton sampah yang berhasil dipilah, sebanyak 56 ton sampah anorganik, 53 ton sampah organik, 29 ton sampah kertas, dan 7 ton sampah elektronik berhasil dikumpulkan.

Kegiatan ini juga berhasil menjangkau relawan dari seluruh Indonesia, tercatat relawan dari 34 provinsi telah mengikuti gerakan ini. Hasil pemilahan sampah ini kemudian diserahkan ke fasilitas bank sampah/pengepul sampah/pendaur ulang sampah terdekat. Untuk sampah organik, para relawan disarankan melakukan pengomposan mandiri di rumah. Pada jenis sampah masker, tidak dilakukan penimbangan dan distribusi dengan memperhatikan kondisi tingginya kasus Covid-19.

Selain melakukan aksi memilah sampah, GIB DWP K BUMN-IIP BUMN juga menyelenggarakan kampanye dalam rangka menyemarakkan Hari Peduli Sampah Nasional dengan menggelar kompetisi video melalui media sosial TikTok dengan hashtag #HariPeduliSampahNasional2022.

Aksi pilah sampah ini diharapkan tidak berhenti sampai disini, melainkan terus dilakukan sebagai sebuah gerakan berkesinambungan melalui berbagai kegiatan yang secara langsung dapat memberikan manfaat terutama dalam pengelolaan sampah rumah tangga secara efektif.

Selain itu, aksi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian ibu-ibu keluarga besar BUMN, dalam rangka berkontribusi aktif turut menjaga kelestarian lingkungan, terutama dalam pengelolaan sampah di rumah tangga masing-masing.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS