Home Nasional Jokowi: Pemindahan IKN Bukan Sekadar Pemindahan ASN

Jokowi: Pemindahan IKN Bukan Sekadar Pemindahan ASN

Jakarta, Gatra.com – Presiden Jokowi menegaskan bahwa pemindahan ibu kota negara (IKN) dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan Timur adalah proyek yang tak main-main.

“Pemindahan ibu kota negara ke Nusantara bukan hanya sekadar pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan bukan juga hanya membangun gedung-gedung pemerintahan,” kata Jokowi dalam program Beranda Nusantara yang digelar RRI, Rabu, (23/2).

“Namun ini adalah lompatan bagi bangsa Indonesia untuk melakukan transformasi menjadi bangsa Indonesia maju,” tegas Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut berharap IKN Nusantara bisa benar-benar menunjukkan kebesaran bangsa, mencerminkan identitas nasional, menjamin keberlanjutan ekonomi, sosial, dan lingkungan, mewujudkan kota hutan, smart city, dan kota modern dan berkelanjutan, serta memiliki standar internasional.

Jokowi berharap IKN Nusantara menjadi representasi bangsa yang unggul dan menjadi model atau kiblat pembangunan kota. IKN bisa menjadi contoh perkembangan bagi kota-kota lain di Indonesia.

Tak hanya dijadikan sebagai simbol pembangunan bagi publik dalam negeri, Jokowi juga ingin agar IKN Nusantara dipandang positif secara global. 

“[IKN] menunjukkan kepada warga dunia bagaimana Indonesia menjalankan rencana baru dalam membangun cita-cita masa depan,” katanya.

83