Home Olahraga PBESI akan Galar Pelantas Esport untuk SEA Games 2021

PBESI akan Galar Pelantas Esport untuk SEA Games 2021

Jakarta, Gatra.com – Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) menyampaikan, pihaknya akan menggelar Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) untuk atlet esport Indonesia yang akan berlaga pada SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.

PBESI dalam keterangan pers, Kamis (24/2), menyampaikan, Pelatnas untuk pelatih, manajer, dan atlet esport untuk SEA Games 2021 akan mulai pada 1 Maret hingga 30 April 2022 di bawah arahan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Pelatnas tersebut akan menjadi ajang pemusatan konsentrasi, uji coba strategi, sekaligus kesempatan bagi para pelatih dan atlet yang lolos seleksi dan berhasil terpilih untuk berkontribusi kepada negara melalui raihan prestasi terbaik.

Sebelumnya, PBESI telah membentuk Tim Seleksi yang bertugas untuk menyiapkan proses seleksi yang berlangsung sejak Desember 2021. Dalam tugasnya, Tim Seleksi telah mengumpulkan rekam jejak dan prestasi para atlet esports nasional, serta menyelenggarakan kualifikasi terbuka dan kejuaraan nasional untuk menyaring atlet-atlet terbaik di setiap cabang game yang dipertandingkan.

Proses ini melibatkan empat jalur seleksi, yaitu jalur PON, undangan, Kejuaraan Nasional (Kejurnas), serta pilihan pelatih. Hasilnya, telah terjaring lebih dari 120 atlet dan 10 pelatih untuk seluruh nomor pertandingan.

Para atlet dan pelatih terpilih nantinya akan mengikuti pemeriksaan fisik dan mental terlebih dahulu sebelum diikutsertakan dalam karantina untuk program pelatihan intensif yang mencakup kemampuan teknis, fisik, psikologi, mental, strategi, analisis, hingga nutrisi.

Program Pelatnas akan dibagi ke dalam 2 tahap. Pertama akan berlangsung 1-10 Maret 2022. Fokus Pelatnas tahap ini adalah untuk melatih dan menyeleksi seluruh anggota kontingen SEA Games 2021. Adapun Pelatnas tahap kedua, akan dilaksanakan dari 11 Maret hingga 30 April 2022 dan akan fokus pada pelatihan para atlet yang dinyatakan terpilih untuk diberangkatkan ke SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.

Sebelum diberangkatkan pada Mei 2022, para pelatih dan atlet akan mengikuti tahap finalisasi berupa latih tanding dan persiapan akhir. Atlet yang akan diberangkatkan nantinya berjumlah 66 orang untuk seluruh kategori pertandingan, sehingga total kontingen untuk SEA Games 2021 nanti adalah 76 orang termasuk dengan pelatih.

Ketua Harian PBESI, Bambang Sunarwibowo, mengatakan, selain sebagai bentuk persiapan optimal untuk meraih pencapaian maksimal di SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam, penyelenggaraan Pelatnas SEA Games 2021 sejatinya juga merupakan bagian dari komitmen dan tanggung jawab jangka panjang PBESI dalam terus meningkatkan kompetensi dan prestasi para atlet esports Indonesia di kancah dunia.

Bambang juga mengatakan bahwa dengan banyaknya SDM berkualitas yang berkompetensi dan makin tingginya animo penerimaan masyarakat, esports berpotensi besar menjadi cabang olahraga yang mampu mengharumkan nama bangsa di pentas dunia.

“Melalui program-program pembinaan yang strategis, seperti Pelatnas SEA Games 2021 beserta dengan proses seleksi dan penjaringannya, kami optimistis prestasi esports Indonesia akan berada di jajaran terdepan di dunia, sejajar dan bahkan mampu mengungguli negara-negara lain yang lebih dahulu mengembangkan potensi esportsnya,” katanya.

Menurut Bambang, pada SEA Games 2021 nanti, pihaknya menargetkan mampu menyumbang medali emas. “Pelatnas ini kami siapkan sebagai candradimuka bagi talenta-talenta potensial untuk makin mengasah kemampuan terbaiknya,” katanya.

Pengumuman nama-nama pelatih dan atlet yang akan mengikuti Pelatnas SEA Games 2021 disampaikan secara daring dan dihadiri oleh para pemangku kepentingan terkait dalam industri esports nasional, antara lain Wakil Sekretaris Jenderal PBESI Dr. IGM. Kartikajaya, SE, MM, M. AP.

Sementara itu, dari tim Pelatnas hadir Ketua Pelatnas RM Ibnu Riza Pradipto, Ketua Seleksi Nasional Christian Suryadi, dan Manajer Tim Nasional Erlangga Putra.

109