Home Internasional Ukraina Sebut 2 Kapal Komersial Dihantam Rudal Rusia

Ukraina Sebut 2 Kapal Komersial Dihantam Rudal Rusia

Kiev, Gatra.com - Ukraina mengatakan kapal perang Rusia menembaki sebuah kapal tanker kimia berbendera Moldova dan sebuah kapal kargo berbendera Panama, yang mengangkut gandum di dekat pelabuhan Odessa di Laut Hitam pada hari Jumat, (25/2) seharis setelah Rusia memulai invasi skala penuh ke Ukraina.

Sebanyak tiga kapal non-militer kini telah diserang sejak dimulainya invasi. Pada hari Kamis, kapal kargo Yasa Jupiter milik Turki dihantam di lepas pantai Odessa.

Kementerian infrastruktur Ukraina mengatakan bahwa kapal berbendera Moldova, Millennial Spirit, membawa 600 ton solar pada saat serangan dari kapal militer Rusia.

Sebelumnya pada hari Jumat, badan angkatan laut Moldova mengatakan awak Millennial Spirit adalah orang Rusia dan dua dari mereka terluka parah.

"Kami baru mendengar 10 menit yang lalu bahwa semua kru diselamatkan tetapi dua orang terluka parah dan sedang dalam perjalanan ke rumah sakit," kata Pavalachi.

Menurut kementerian Ukraina, kapal kargo Namura Queen juga terkena rudal Rusia pada hari Jumat.

"Menurut informasi dari kontrol lalu lintas dan layanan dari Harbour Master pada pukul 12:55 di titik berlabuh No.358, sebuah roket menghantam buritan mv 'NAMURA QUEEN'," kata agen pelayaran Ukraina Stark Shipping yang berbasis di Odessa.

“Kapal yang berbendera Panama sedang menuju ke pelabuhan Pivdennyi (ex. Yuzhny) untuk memuat biji-bijian ... Terjadi kebakaran di kapal, kapal tunda P&O STAR bergerak untuk menyelamatkan. Situasi terkendali,” tambahnya.

Kapal tunda PO Star terlihat di samping Ratu Namura sebelumnya pada hari Jumat, sebagaimana pelacakan kapal Refinitiv Eikon.

Pemilik kapal, Fayette Shipping, tidak menanggapi permintaan komentar melalui email.

Jumat malam, Otoritas Maritim Panama mendesak kapal untuk menjaga kewaspadaan maksimum dan meningkatkan kondisi keamanan di kapal ketika bergerak melalui perairan Ukraina dan Rusia, di Laut Hitam dan Laut Azov.

165