Home Kesehatan Vaksinasi Booster di Pemalang Sasar Warga Penerima Bansos

Vaksinasi Booster di Pemalang Sasar Warga Penerima Bansos

Pemalang, Gatra.com - Polres Pemalang, Jawa Tengah terus berupaya membantu menggenjot capaian vaksinasi melalui gerai Vaksinasi Sambang Warga (Si Sambar). Layanan vaksinasi jemput bola itu dibuka di kantor pos untuk melayani vaksinasi warga yang mencairkan bantuan sosial (bansos).

Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo mengatakan, pihaknya berkerjasama dengan kantor pos di sejumlah kecamatan untuk membuka gerai Si Sambar bersamaan dengan jadwal penyaluran bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang kini diterima dalam bentuk uang tunai. Salah satunya dibuka di Kantor Pos Kecamatan Taman, Rabu (2/3).

"Tujuannya untuk mendukung program pemerintah dalam upaya menggenjot capaian vaksinasi di Kabupaten Pemalang," kata Ari, Rabu (2/3).

Dengan adanya gerai Si Sambar, warga penerima bansos dapat sekaligus mengikuti vaksinasi booster di tempat yang sama. Pelayanan vaksinasi diberikan usai warga menerima bantuan.

"Tidak hanya vaksinansi booster, warga juga dapat menerima pelayanan vaksinasi dosis satu dan dosis dua di gerai Si Sambar," ujar Ari.

Kepala Kantor Cabang Pembantu (KCP) PT Pos Kecamatan Taman Anto Daryanto mengatakan, jumlah warga yang mengantre untuk mencairkan bansos sekitar 1.000 per hari dari total penerima BPNT di Kecamatan Taman sebanyak 16.000 orang.

"Warga akan ditawari vaksin oleh tim nakes usai menerima BPNT. Namun tidak seluruhnya divaksin, karena ada beberapa warga yang sudah divaksin dan memiliki penyakit komorbid," ujarnya.

Salah seorang penerima BPNT, Ida (28) mengaku sama sekali belum divaksin sehingga langsung mengikuti vaksinasi usia menerima bansos.

"Setelah menerima BPNT, saya memanfaatkan gerai vaksin yang ada di sini (kantor pos) untuk vaksin dosis satu," ucapnya.

1254