Home Ekonomi Shell Indonesia Sukses Membuka 30 Jaringan SPBU Baru

Shell Indonesia Sukses Membuka 30 Jaringan SPBU Baru

Jakarta, Gatra.com – Sejalan dengan permintaan pasar terhadap produk bahan bakar dan layanan berkualitas, Shell Indonesia terus mengembangkan jaringan SPBU dengan membuka 30 SPBU baru sepanjang 2021. Dengan total 167 SPBU di akhir Desember 2021, Shell Indonesia mencatat penambahan SPBU sebanyak 22 persen dibandingkan tahun 2020.

Deputy Director dan Vice President Network Shell Mobility Indonesia, Ingrid Siburian menyatakan, pengembangan jaringan SPBU Shell merupakan wujud komitmen Shell untuk memperluas akses masyarakat terhadap bahan bakar dan layanan kelas dunia. Di saat yang sama, hal tersebut menjadi upaya Shell Indonesia untuk turut berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan komunitas di sekitar wilayah operasi.

“Hal ini sejalan dengan strategi Powering Progress Shell yang diluncurkan diawal tahun lalu. Di tahun 2021, kami menghadirkan SPBU Shell di beberapa wilayah baru seperti di Blitar, Pasuruan, Gresik dan Sidoarjo,” kata Ingrid Siburian dalam keterangan yang diterima Gatra.com, Rabu (2/3).

Dari total 30 SPBU Shell yang dibangun pada 2021, tujuh di antaranya merupakan hasil dari Program Kemitraan Dealer SPBU Shell. Program kemitraan tersebut memberikan kesempatan kepada para pengusaha dan investor untuk memiliki dan mengelola bisnis SPBU Shell. Di 2022, Shell akan terus aktif memperluas bisnis SPBU Shell di berbagai daerah di Indonesia dengan menggandeng mitra pengusaha. Hingga saat ini jumlah SPBU Shell yang dimiliki oleh mitra pengusaha melalui Program Kemitraan Dealer telah mencapai 23 SPBU.

Head of Dealer-Owned Network Shell Indonesia, Agung Saputra mengatakan, Shell berupaya mengajak pengusaha lokal untuk bersama-sama menggerakkan roda perekonomian daerah dan berkontribusi dalam pembangunan ekonomi di Indonesia melalui bisnis SPBU. “Melalui Program Kemitraan Dealer, Shell siap memberikan beragam dukungan kepada mitra bisnis kami untuk memiliki dan mengelola bisnis SPBU Shell serta bertumbuh bersama,” ujar Agung.

Selain SPBU konvensional, Shell juga terus mengembangkan SPBU Modular dengan nilai investasi yang lebih terjangkau. Sampai saat ini model SPBU yang khusus dirancang untuk pasar kota lapis kedua ini telah mencapai tujuh SPBU yang tersebar di Jombang (Jawa Timur), Cirebon (Jawa Barat), Syeh Quro (Karawang), Pasir Angin (Bogor), Serang Barat (Banten), Cilegon (Banten) dan Blitar (Jawa Timur). Melalui SPBU Shell Modular, Shell turut menggandeng pengusaha daerah yang tertarik bermitra dengan Shell.

Dalam Program Kemitraan Dealer SPBU Shell, Mitra Dealer Shell memiliki kesempatan untuk membangun beragam bisnis Non-Fuel Retail (NFR) seperti: convenience store, kedai kopi, restoran, bengkel, ATM center dan lain-lain yang berkontribusi mendatangkan tambahan pemasukan bagi Mitra Dealer Shell di luar penjualan BBM. Tidak ada biaya royalti maupun biaya tambahan yang dikenakan atas keuntungan penjualan bisnis NFR milik Mitra Dealer Shell. Saat ini, area pengembangan bisnis SPBU Shell di Indonesia mencakup DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Utara.

192