Home Kesehatan PERALMUNI Prediksikan Indonesia Menuju Endemik Covid-19

PERALMUNI Prediksikan Indonesia Menuju Endemik Covid-19

Jakarta, Gatra.com - Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Alergi Imunologi (PERALMUNI), Prof. Iris Rengganis memprediksikan Indonesia akan menuju endemik Covid-19.

"Ya mudah-mudahan dengan Omicron ini, mudah-mudahan yang terakhir mutasinya dan juga supaya bisa terjadi endemik," ucap dia, lewat Zoom dalam talkshow bertajuk "Re-Infeksi Covid-19: Apa yang Terjadi pada Tubuh Kita?", yang disiarkan langsung via kanal YouTube BNPB Indonesia pada Rabu (2/3).

Spesialis Penyakit Dalam itu mencontohkan endemik seperti virus influenza. Dia mengatakan vaksin virus influenza tiap tahunnya dibuat yang baru, karena virus ini terus beredar dan berbeda dengan sebelumnya.

"Jadi vaksin dibuat sesuai dengan virus yang beredar, dan influenza saat ini sudah endemik," kata Iris.

Soal bagaimana jika ada varian baru dari Covid-19, dia menerangkan bahwasanya varian baru itu ada karena suatu mutasi. Sehingga timbul immune escape atau tidak dikenali lagi oleh sistem imun manusia, terutama pada vaksin.

Iris menyebut vaksin Covid-19 awalnya dibuat di Wuhan serta dibuat sesuai dengan strain aslinya. Kemudian terjadi mutasi secara perlahan hingga berubah berkali-kali.

76