Home Ekonomi Produk IMKM Namar Ini jadi Primadona di Pameran Dekranasda Malra

Produk IMKM Namar Ini jadi Primadona di Pameran Dekranasda Malra

Langgur, Gatra.com - Tiga produk IMKM asal Ohoi Namar yaitu AUDIN Snack, Chapung Art dan Mieke Konveksi mendapatkan perhatian lebih dari pengunjung. Pasalnya pengemasan produk terbilang unik dan memiliki motif berbeda. Meski begitu, 33 merek usaha lainnya yang dipasarkan di Pameran Produk Lokal tak kalah menarik juga. Pengunjung memiliki beraneka ragam pilihan mulai dari makanan hingga barang.

AUDIN Snack terkenal dengan produk enbal semprong dengan berbagai macam rasa seperti origina, keju, dan balado. Pelanggan tetapnya datang dari berbagai daerah di Maluku Tenggara dan Kota Tual. Bahkan sampai ke sejumlah daerah di antaranya Papua, Jawa, dan Sulawesi.

Saking gemarnya mengonsumsi embal semprong ini, Bupati Malra M. Thaher Hanubun turut mempromosikan produk tersebut pada Pameran Maluku Baileo Exhibition 2022 di Mall Ratu Indah Makasar pada Februari lalu.

Selanjutnya ada Chapung Art Namar yang merupakan usaha dari Korneles Jamlean. Chapung Art Namar sudah lama berdiri, namun baru kali ini mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Pemiliknya merasa senang karena mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan keahlian di bidang seni lukis, patung, dan pembuatan taman buatan di pameran daerah. Hasil karyanya pun telah dikenal masyarakat di Kabupaten Maluku Tenggara Kei dan Merauke Papua. 

Selain itu, konveksi pakaian adat milik Mieke Ohoiwutun yang menampilkan kerajinan tangan khas daerah. Mieke telah banyak memproduksi pakaian jadi bukan hanya bercorak adat tetapi juga pakaian lainnya dengan jenis dan motif yang berbeda. Meski prosesnya masih tradisional yakni menggunakan mesin jahit lama, tetapi karyanya banyak dicari oleh berbagai kalangan di daerah tersebut. 

Peserta Pameran Produk Lokal memiliki harapan besar dalam acara ini. Selain mengenalkan produknya kepada masyarakat luas, mereka juga mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah setempat. Dari situ, diharapkan dapat meningkatkan pasar dan pendapatan masyarakat lokal.

135