Home Mikro Wow! UMKM Bali Jewel Rocks Ikut Unjuk Gigi di Paris Fashion Week Showroom

Wow! UMKM Bali Jewel Rocks Ikut Unjuk Gigi di Paris Fashion Week Showroom

114

Jakarta, Gatra.com- Salah satu UMKM Lokal asal Bali, Jewel Rocks terpilih menjadi salah satu UMKM lokal yang akan memamerkan koleksi autumn/winter 2022 di Paris Fashion Week Showroom dalam program ‘Indonesian Designers in Paris by L'Adresse Paris Agency’. Showroom ini berlangsung pada 4-7 Maret 2022 di Palais Brongniart, Paris.

Pegiat usaha perhiasan buatan tangan yang menggunakan berbagai material unik ini memulai bisnis sejak 2006, pemilik usaha Jewel Rocks, Imelda Widjaja, mengaku terinspirasi dari hobi mengumpulkan perhiasan sebagai cendera mata setiap kali sedang bepergian.

“Saya akhirnya mendapatkan ide untuk membuat perhiasan modern yang bisa menjadi memori atau oleh-oleh tanpa meninggalkan unsur tradisi mulai dari teknik maupun tema,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/3).

Dalam menjalankan usahanya, Imelda berkolaborasi dengan sejumlah pengrajin perak, resin, manik kaca dan pembuat warna natural yang tersebar di Bali, Jawa Timur dan Bandung. Dengan modal awal Rp500 ribu, kini Jewel Rocks telah memiliki 10 karyawan, yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga.

“Selama pandemi, platform digital seperti Tokopedia sangat membantu bisnis kami. Dalam sebulan kami bisa mendapatkan hingga 150 pesanan dari Sabang sampai Merauke. Bahkan omzet kami pada 2021 meningkat tiga kali lipat dibandingkan 2020,” jelas Imelda.

Untuk perhelatan Paris Fashion Week, Imelda telah menyiapkan 10 desain baru yang belum diluncurkan di Indonesia, serta memamerkan koleksi favorit pelanggan dari Jewel Rocks. “Harapannya, saya bisa membawa nama Indonesia melalui ajang ini sehingga pembeli di kancah internasional bisa melirik potensi usaha lokal yang semakin banyak dan berkualitas,” jelasnya.

Jewel Rocks terpilih dalam program yang merupakan sinergi antara perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Perancis.

"Kami berkomitmen untuk memberikan panggung seluas-luasnya untuk para pelaku UMKM lokal Indonesia agar mereka bisa terus berkembang khususnya di masa pandemi bahkan sampai ke kancah global,” kata Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni.

Duta Besar RI Paris, Mohamad Oemar menuturkan bahwa Perancis sebagai salah satu kiblat mode dunia yang dapat dimanfaatkan sebagai akses bagi para desainer Indonesia merambah pasar internasional. "Dukungan bagi UMKM Indonesia merupakan bagian dari upaya pemerintah RI mendorong kemajuan ekonomi kreatif Indonesia,” pungkasnya.

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS