Home Ekonomi Pemerintah Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Stabil Jelang Ramadhan

Pemerintah Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Stabil Jelang Ramadhan

Jakarta, Gatra.com - Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi mengatakan akan berkolaborasi dengan Kementerian Perdagangan untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok jelang Ramadhan.

"Kita lihat tadi bawang putih (stok dan harganya) baik, gula bagus, ada sedikit kenaikan di cabai dan bawang merah," katanya di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta pada Rabu (9/3).

Ia juga menyebut akan segera mendistribusikan stok daging yang baru saja datang kepada para penjual. Pendistribusian ini, disebutnya untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada masyarakat.

"Ada daging yang memang hot meat, ada frozen sapi, dan kerbau. Nanti silahkan akan dipilih yang mana," ucapnya.

Arief juga menyinggung soal harga dan kelangkaan minyak goreng. Stok minyak goreng saat ini telah mencukupi, namun harga di pasaran masih belum sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditentukan pemerintah.

"Nanti action-nya saya minta tolong teman kita di Pasar Jaya, kita pasang spanduk saja yang bertuliskan harga minyak goreng Rp11.500 untuk yang curah, atau Rp12.800 per kilo. Nanti dengan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, kita koordinasikan," jelasnya.

Oleh karena itu, ia berharap, upaya-upaya antisipasi yang telah dilakukan pemerintah bisa mengatasi permasalahan pangan saat ini. "Kami harap setelah ini, jelang puasa dan lebaran, stok dan harga akan stabil," ucapnya.

Diketahui, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi bersama Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi menyambangi Pasar Kebayoran Lama untuk meninjau pasokan kebutuhan pokok pada hari ini, Rabu (9/3).

45