Home Internasional Rusia Sanksi Presiden Biden dan Sejumlah Pejabat Tinggi AS

Rusia Sanksi Presiden Biden dan Sejumlah Pejabat Tinggi AS

Moskow, Gatra.com - Kementerian luar negeri Rusia mengatakan pada hari Selasa bahwa Presiden Amerika Serikat  (AS) Joe Biden dan sejumlah pejabat tinggi AS lainnya, dilarang memasuki negara itu sebagai tanggapan imbal balik terhadap sanksi AS.

Tindakan tersebut, juga berlaku untuk Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin. “Adalah konsekuensi dari kebijakan yang sangat Russophobia yang ditempuh pemerintah AS saat ini," kata kementerian luar negeri Rusia, dalam sebuah pernyataan, dikutip AFP, Rabu (16/3).

Rusia juga mencegah masuknya Ketua Kepala Staf Gabungan Mark Milley, Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan, Direktur Badan Intelijen Pusat William Burns dan Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki.

Dalam daftar juga tercantum nama Deputi Penasihat Keamanan Nasional Daleep Singh, kepala Badan Pembangunan Internasional AS Samantha Power, Wakil Menteri Keuangan Adewale Adeyemo, dan kepala Bank Ekspor-Impor AS Reta Jo Lewis.

Rusia juga dilarang masuk putra Biden, Hunter dan mantan menteri luar negeri dan calon presiden dari Partai Demokrat, Hillary Clinton.

Kementerian luar negeri memperingatkan Moskow akan segera mengumumkan sanksi tambahan terhadap sejumlah pejabat "Russophobia" AS, perwira militer, anggota parlemen, pengusaha dan tokoh media.

Sebelumnya, Amerika Serikat melarang Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov serta menerapkan sanksi yang sebagian besar telah memotong mata rantai perekonomian Rusia dari seluruh dunia.
 

124