Home Gaya Hidup Dani dan Bili Juara Jakarta Coffee Championship 2022

Dani dan Bili Juara Jakarta Coffee Championship 2022

Jakarta, Gatra.com – Dani Herdiana dan Bili menjadi juara dalam ajang Jakarta Coffee Championship 2022 yang digelar oleh Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Mal Kota Kasablanka, Jakarta.

Dani meraih juara pertama dalam Cup Tasters Competition setelah berduel bersama 3 orang peserta lainnya di babak final pada malam ini. Untuk posisi kedua diaraih Elsa Dama dan juara tiga menjadi milik Yolan Anggana.

Sedangkan Bili merupakan juara di Manual Brew “V60 Royal Battle” setelah mengalahkan para finalis lainnya. Untuk posisi kedua diraih Agun dan juara tiga menjadi milik Nunu. Masing-masing juara meraih trofi serta uang Rp7 juta untuk juara pertama, Rp5 juta juara kedua, dan Rp3 juta untuk juara ketiga.

Plt Asisten Deputi (Asdep) Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora, Abdul Muslim, menyampaikan, penyelenggaraan acara ini untuk meningkatkan kreativitas para pemuda di bidang kuliner, khususnya kopi dan perkopian.

“[Insyaallah] Juara I Manual Brew “V60 Royal Battle” Competition akan difasilitasi oleh Asdep Peningkatan Kreativitas Pemuda untuk mengikuti acara coffee expo di Portland, Amerika Serikat, pada tanggal 20–24 April 2023,” katanya.

Ia menyatakan, kegiatan seperti ini akan terus digelar sepanjang pihak Kemenpora memiliki Asdep Peningkatan Kreativitas Pemuda. “Kegiatan seperti ini akan terselenggara setiap saat,” ujarnya.

Pria yang juga menjabat Kabag Humas Kemenpora ini menjelaskan, dalam acara yang berlangsung dari 23–27 Maret 2022 ini juga digelar beberapa kegiatan lainnya, yakni Festival Kopi Nusantara, pelatihan barista selama 2 hari, yakni Coffee Class by Kemenpora, Coffee Exhibition, Coffee Talk & Show, Coffee Business Matching, dan Coffee Night X Music.

“Pelatihan barista selama 2 hari tanggal 23-24, namanya Coffe Classic masing-masing diikuti oleh 50 orang peserta,” katanya.

Muslim melanjutkan, ajang yang juga bekerja sama dengan Kementerian Koperasi (Kemekop) dan UKM serta pihak-pihak lainnya, juga dimeriahkan oleh beberap stand, di antaranya Scuro Lavino, Pria Punya Selera, dan Hofland.

“Kami ada event sebanyak 8 titik di 8 wilayah yang nanti ada finalnya di bulan Oktober, namanya Festival Krativitas Pemuda di 8 wilayah. Nanti ada finalnya,” ucapnya.

Festival Kopi Pemuda Nusantara ini hadir sebagai wadah bagi penggiat kopi, baik pemula maupun profesional. Bukan hanya karena rasanya yang nikmat, kopi juga memiliki nilai ekonomis bagi negara-negara yang memproduksi dan mengekspor biji kopi, salah satunya adalah Indonesia.

“Untuk itu, kegiatan ini kiranya mampu mendorong perekonomian di Indonesia di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda,” katanya.

Ia menjelaskan, Festival Kopi Pemuda Nusantara dihadiri oleh business owners, pecinta kopi, penggiat kopi, coffee experts, barista, dan masyarakat umum.

385