Home INFO POLRI Tanggulangi Paham Radikalisme dan Terorisme, Humas Polri Gelar FGD di Sentani

Tanggulangi Paham Radikalisme dan Terorisme, Humas Polri Gelar FGD di Sentani

Sentani, Gatra.com - Langkah untuk menangkal serta mencegah paham radikalisme di kalangan Masyarakat, Tim Divisi Humas Polri menggelar FGD di wilayah Sentani Kabupaten Jayapura, Kamis (31/3/2022).

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Obhe Reay May Polres Jayapura ini dihadiri oleh Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH, Kasubbag Berita Biro Penum Divisi Humas Polri AKBP Gatot Hendro Hartono, SE, M. Si, Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W. A Maclarimboen, SIK, MH, perwakilan MUI Pusat Ustaz Muhammad Makmun Rasyid, para ondoafi dan Ondofolo Kabupaten Jayapura, para tokoh agama, tokoh pemuda serta tokoh masyarakat Kabupaten Jayapura.

FGD mengangkat tema “Terorisme adalah musuh kita bersama”, dengan narasumber ialah Ustazd Muhammad Makmun Rasyid.

Kapolres Jayapura dalam kesempatannya mengatakan Polri menggandeng seluruh elemen masyarakat untuk menangkal paham radikalisme di wilayah Kabupaten Jayapura. Kontra Radikal yang merupakan upaya Polri bersama stakeholder untuk melakukan nilai-nilai dan pemahaman wawasan Kebangsaan kepada masyarakat untuk menangkal kegiatan radikal,” terang Kapolres.

“Program ini dengan tema teroris adalah musuh kita bersama. Radikalisme saat ini sudah merambah kepada kelompok milenial," ujar Kapolres.

Kabid Humas Polda Papua dalam kesempatannya mengatakan tim dari Divisi Humas Polri hadir disini untuk memberikan sosialisasi tentang Paham Radikalisme untuk menciptakan Kamtibmas yang kondusif sehingga masyarakat bisa melaksanakan kegiatan dengan aman dan nyaman.

Kegiatan ini digelar bertujuan untuk memberikan ketahanan terhadap paham-paham radikal yang merupakan bibit-bibit aksi terorisme di Indonesia.

“Karena pemahaman radikal tersebut bisa tumbuh dan berkembang serta bisa berpengaruh terhadap masyarakat,” kata Kombes Kamal.

Sementara itu, Ustaz Muhammad Makmun Rasyid memaparkan bahwa perkembangan radikal dan terorisme baik sekala nasional maupun internasional secara data mengalami penurunan. Kepolisian dan pihak keamanan negara dalam penindakan tidak berdiri sendiri.

Kabupaten Jayapura adalah rumah kita bersama, sehingga kita harus jaga bersama jangan sampai ada yang merusaknya baik individu maupun kelompok.

“Mari kita bersama- sama bergandengan tangan menjaga Kamtibmas di wilayah Kabupaten Jayapura agar tetap aman dan kondusif. Kamtibmas tidak hanya tugas Polri semata melainkan peran seluruh stakeholder untuk bersama sama menjaganya agar tetap aman dan kondusif” terangnya.

Diharapkan tokoh-tokoh masyarakat  nantinya bisa bersama-sama membantu memerangi aksi terorisme di Indonesia.

“Jadi  dengan kegiatan kita hari ini diharapkan dapat menjadikan pencegahan dan penanaman terhadap ketahanan masyarakat untuk tidak terpapar paham radikalisme,” pungkas Ustaz Makmun.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan sesi tanya jawab dan penyerahan plakat dari Divisi Humas Polri yang diwakili AKBP Gatot Hendro Hartono, SE, M. Si diterima langsung oleh Kapolres Jayapura.