Home Hiburan Mendikbudristek: Karya Insan Perfilman Membuat Karakter Indonesia Semakin Kokoh

Mendikbudristek: Karya Insan Perfilman Membuat Karakter Indonesia Semakin Kokoh

30

Jakarta, Gatra.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa karya-karya insan perfilman membuat karakter Indonesia sebagai bangsa yang berbudaya semakin kokoh dan mashyur.

Hal itu diungkapkannya dalam rangka memperingati Hari Film Nasional ke-72 yang jatuh pada 30 Maret 2022 kemarin. Menurutnya, dukungan bagi para pelaku kebudayaan dan kesenian, termasuk insan perfilman, telah diwujudkan Kemendikbudristek dengan meluncurkan Merdeka Belajar Episode Kedelapan Belas: Merdeka Berbudaya dengan Dana Indonesiana.

“Dana Indonesiana dapat dimanfaatkan para insan perfilman untuk mengembangkan dan mempopulerkan karya-karya mereka,” kata Nadiem dalam keterangannya yang diterima pada Jumat (1/4).

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid juga menyebut bahwa kemajuan perfilman Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Dalam dua tahun terakhir, film Indonesia mendapatkan apresiasi cukup tinggi.

“Tidak hanya dari dalam negeri tapi juga dari luar negeri. Berbagai penghargaan diraih oleh sineas kita, di antaranya dari Locarno Film Festival, Toronto International Film Festival, Berlinale, Sundance Short, Tampere Short Film Festival, dan lainnya,” ujar Hilmar.

Ia menambahkan, meski dalam masa pendemi Covid-19, insan perfilman Indonesia terus menunjukkan kegigihan untuk menghasilkan karya yang berkualitas. Bahkan berhasil mengharumkan nama bangsa di kancah Internasional.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Ahmad Mahendra menegaskan bahwa pemerintah akan terus mendukung perfilman Indonesia. Berbagai program bidang perfilman yang telah dirancang merupakan kerja kolaborasi antara pemerintah dan sineas.

“Senada dengan gelar kepahlawanan yang disematkan ke Bapak Usmar Ismail tahun lalu, di bulan film ini kita ingin membangkitkan semangat kepahlawanan di antaranya semangat persatuan, semangat cinta Negara dan tanah air, semangat toleransi dan gotong royong agar kita dapat bersama-sama bangkit dan pulih dari pandemi ini,” jelasnya.

Diketahui, Kemendikbudristek melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan telah menggelar peringatan Hari Film Nasional ke-72 pada 30 Maret 2022 kemarin. Penetapan 30 Maret sebagai Hari Film Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1999, di mana pada 30 Maret 1950 untuk pertama kalinya sebuah film diproduksi oleh perusahaan Indonesia dan disutradarai oleh orang Indonesia.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS