Home Ekonomi Otorita Borobudur Jajaki Kerja Sama Pariwisata dengan Pemkab Wonosobo

Otorita Borobudur Jajaki Kerja Sama Pariwisata dengan Pemkab Wonosobo

Banyumas, Gatra.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) menjajaki kerja sama pariwisata dengan Pemerintah Kabupaten Wonosobo.

Hal itu terungkap dalam audiensi Bupati Wonosobo dengan BPOB di rumah dinas bupati. Audiensi ini dihadiri langsung oleh Direktur BPOB beserta rombongan dan Bupati Wonosobo, didampingi instansi terkait.

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat mengatakan, Kabupaten Wonosobo saat ini masih terkendala aksesibilitas. Karena itu, dukungan perbaikan perlu dilakukan untuk memajukan sektor pariwisata tersebut.

Menurut dia, BPOB dapat bersinergi dengan Pemkab Wonosobo untuk pengelolaan destinasi, promosi, dan ekonomi kreatif. Dalam hal ini, kerja sama itu mencakup pembinaan, pelatihan, maupun even-even yang bakal dilaksanakan.

“Saya mohon untuk jalan atau akses strategis yang menjadi jalur pariwisata Borobudur-Yogyakarta tepatnya di Wonosobo dapat mendapatkan perhatian yang serius dan difasilitasi dalam hal peningkatan kualitasnya,” kata Afif.

Direktur Utama BPOB, Indah Juanita menyampaikan, Wonosobo termasuk wilayah Destinasi Pariwisata Nasional (DPN) Borobudur-Yogyakarta dan sekitarnya.

Sebab itu, perlu upaya kolaboratif dan kerja sama yang bersinergi agar kepariwisataan di DPN Borobudur-Yogyakarta makin maju dan berkembang.

Terkait kendala aksesibilitas, Kepala Bidang Destinasi BPOB, Agustin Paranginangin mengakui, akses jalan yang baik akan memastikan meningkatnya kunjungan wisata. Sebaliknya, jalan berkualitas buruk akan menurunkan kunjungan wisata.

“Program-program pembangunan infrastruktur khususnya jalan baik yang berstatus nasional, provinsi, maupun kabupaten harus bersinergi dalam mendukung kemajuan pariwisata di Wonosobo,” ucap dia.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Junaedi berharap, sinergitas yang akan dilaksanakan dapat melibatkan multi sektor sehingga dampak kesejahteraan masyarakat makin terasa lebih optimal.

Kata dia, Pemkab Wonosobo menyambut baik upaya kerja sama tersebut setelah nota kesepahaman antara BPOB dengan Pemkab Wonosobo terealisasi. Ke depan kerja sama akan ditindaklanjuti melalui perjanjian kerja sama antara BPOB, Disparbud, dan Perangkat Daerah terkait, sehingga akan lebih terintegrasi.

"Kunjungan wisatawan dan rata-rata lama tinggal wisatawan di Wonosobo dan perekonomian masyarakat Wonosobo ke depannya dapat meningkat dengan adanya kerjasama dengan BPOB tersebut,” ucap dia.

1099