Home Apa Siapa Tri Yuli Setyowati: Perempuan Harus Kuat dan Mandiri

Tri Yuli Setyowati: Perempuan Harus Kuat dan Mandiri

1052

Blora, Gatra.com - Berbicara bulan April tidak terlepas dari Hari Kartini. Peringatan Hari Kartini merupakan sebuah apresiasi kepada RA Kartini yang merupakan sosok Pahlawan Nasional yang memperjuangkan kesetaraan gender di Indonesia.

Wanita kelahiran Jepara, 21 April 1879 ini juga dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan Pribumi-Nusantara. Di era modern saat ini, banyak perempuan-perempuan hebat yang bermunculan mengikuti jejak perjuangan RA Kartini.

Tri Yuli Setyowati bisa dikatakan sebagai sosok RA Kartini modern saat ini. Perempuan kelahiran Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur ini memiliki segudang prestasi di dunia politik.

Pernah terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro selama dua periode (1999-2009), Etik sapaan Tri Yuli lalu menyebarang ke Kabupaten sebelah sebagai anggota DPRD Blora periode 2014-2019.

Karier politik etik semakin melejit saat Pilkada Blora 2021. Dia terpilih sebagai Wakil Bupati Blora periode 2021-2026 mendampingi Bupati Arief Rohman.

Kepada wartawan Gatra.com yang menemui di Rumah Dinasnya, Kamis (7/4) Tri Yuli mengungkap, untuk menjadi perempuan hebat, perempuan harus kuat dan mandiri.

"Bagi saya perempuan itu harus kuat dan mandiri. Perempuan tidak harus lemah. Itu kunci kesuksesan perempuan masa depan," katanya.

Menurutnya, seorang wanita perlu memperoleh persamaan, kebebasan, otonomi serta kesetaraan hukum. Pihaknya mengatakan, bersamaan dengan masih adanya pandemi dan perkembangan zaman yang semakin maju, maka tantangan yang dihadapi para perempuan ke depannya tidaklah mudah.

“Ke depan, tantangan bagi perempuan dalam menjalankan peran dan fungsinya tentu tidaklah mudah, perempuan memiliki multi peran dalam keluarga,” jelas ibu tiga anak itu.

Dikatakannya, para perempuan sebagai Ibu memegang peran penting dalam keluarga khususnya dalam mendidik para generasi penerus agar memiliki budi pekerti luhur dan berkarakter Pancasila.

Dengan adanya situasi pandemi saat ini, perempuan diharapkan dapat berdaya dan mampu mendukung kehidupan keluarga agar tetap berjalan.

“Perempuan diharapkan dapat menjadi pendukung dengan melahirkan satu usaha atau bisnis, guna menopang kehidupan keluarga terlebih di masa pandemi COVID-19 sekarang ini,” ungkapnya.

Dirinya juga mengajak seluruh perempuan di Kabupaten Blora untuk terus semangat dalam mengembangkan diri menjadi lebih maju.

Pihaknya mengungkapkan bahwa kesempatan berkembang yang dimiliki oleh kaum perempuan pada hari ini, sesungguhnya tidak berbeda dengan kaum laki-laki. Hanya saja, belum semua menyadari potensi dan memanfaatkannya dengan maksimal.

“Ini penting saya sampaikan kepada seluruh perempuan Kabupaten Blora agar tetap menjaga semangatnya, keinginannya dan targetnya untuk terus maju. Kembangkan bakat yang dimiliki, kuasai dan ikuti perkembangan teknologi,” ucapnya.

Dia pun mengajak semua kaum perempuan untuk mandiri, kuat, dan tangguh dalam mengarungi kehidupan. ''Dengan kelembutan, kesabaran, dan keikhlasan membawa perempuan kepada keberhasilan. Seperti halnya perjuangan RA Kartini," pungkasnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS