Home Pendidikan UNNES Siapkan 10.370 Kuota dalam Penerimaan Mahasiswa Baru 2022

UNNES Siapkan 10.370 Kuota dalam Penerimaan Mahasiswa Baru 2022

Semarang, Gatra.com - Universitas Negeri Semarang (UNNES) siapkan kuota sebanyak 10.370 mahasiswa baru dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2022.

Jumlah tersebut dialokasikan ke dalam tiga jalur masuk, yakni 3.084 untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), 4.099 untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan 3.187 untuk jalur Seleksi Mandiri UNNES.

Rektor UNNES Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum. menjelaskan, kuota PMB UNNES telah dialokasikan sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca Juga:

Buku Pendidikan untuk Peradaban, Cara Rektor UNNES Maknai Dinamika Pendidikan

Dia menekankan, UNNES telah mengalokasikan 30% dari kuota total untuk jalur SNMPTN, 40 % untuk jalur SBMPTN, dan 30% untuk jalur SM UNNES. “Alhamdulillah, kepercayaan masyarakat terus meningkat. Insya Allah kepercayaan tersebut akan kami terima sebagai amanah dengan memberikan pelayanan akademik yang prima kepada mahasiswa,” ujarnya, Kamis (7/4).

Dalam SNMPTN, katanya, dari 42.325 pendaftar, yang diterima sebanyak 3.083 orang. Menurutnya, mereka yang berhasil lolos seleksi adalah orang-orang terpilih.

“Selamat datang di kampus berwawasan konservasi dan bereputasi internasional. Selamat bergabung menjadi bagian dari keluarga besar UNNES,” imbuh Profesor Bidang Sosiolinguistik ini.

Calon mahasiswa baru UNNES yang diterima melalui jalur SNMPTN dapat melakukan rangkaian registrasi administrasi yang meliputi pengisian data pokok, pengiriman dokumen rapor dan borang A1, pembayaran biaya pendidikan, tes kesehatan, registrasi daring, dan verifikasi registrasi.

Pengisian data pokok dapat dilakukan sejak 30 Maret hingga 10 April 2022. Borang A1 dan fotokopi rapor paling lambat diterima tanggal 12 April 2022 (cap pos). Bagi calon mahasiswa non-KIP Kuliah dapat melakukan pembayaran biaya pendidikan sejak 20 hingga 29 April 2022.

Sementara itu, untuk tes kesehatan bagi calon mahasiswa baru pelaksanaannya akan diatur lebih lanjut sesuai dengan perkembangan keadaan darurat Covid-19.

Adapun pendaftaran SBMPTN 2022 dibuka hingga 15 April 2022. Pelaksanaan UTBK Gelombang I sejak 17 hingga 23 Mei 2022. Pelaksanaan UTBK Gelombang II sejak 28 Mei hingga 3 Juni 2022, dan pengumuman hasil SBMPTN pada 23 Juni 2022.

Baca Juga:

Ramadan Bulan Ilmu, Rektor UNNES Luncurkan Dua Buku

UNNES telah menyiapkan dua lokasi untuk pelaksanaan UTBK 2022 yakni di Gedung Kearsipan, dan Gedung UNNES Digital Center (UDC). Sebanyak 790 komputer telah disiapkan, termasuk memperketat penerapan protokol kesehatan.

“Jika kita melihat data PMB UNNES, jalur SBMPTN tahun 2021, tentu pendaftar dan peminat UNNES sangatlah tinggi, mencapai lebih dari 43 ribu,” kata Prof Fathur.

Atas dasar itu, katanya, kesempatan untuk mengikuti jalur SBMPTN di UNNES, jangan pernah di sia-siakan. “Tahun ini, UNNES memiliki 70 program studi dengan kuota sebanyak 1.099 yang tersedia untuk dipilih melalui jalur SBMPTN,” ungkap Prof. Fathur.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik UNNES Prof Dr Zaenuri SE MSi Akt menyampaikan, UNNES telah dilengkapi dengan berbagai sarana prasarana guna memberikan pengalaman terbaik bagi mahasiswa dan masyarakat sekitar.

Selain beasiswa KIP Kuliah, UNNES juga menyediakan beragam beasiswa, diantaranya Beasiswa Laziz, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa YVDMI, Beasiswa Mitra UNNES, Beasiswa IKA UNNES, Beasiswa Supersemar, Beasiswa Unggulan, Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Djarum, Beasiswa IM-HERE, Beasiswa PKHI-B, dan lain sebagainya.

1890