Home Sumbagsel Vaksinasi Booster di Palembang Baru Capai 14,82%

Vaksinasi Booster di Palembang Baru Capai 14,82%

Palembang, Gatra.com - Hingga kini warga Kota Palembang yang sudah menjalani vaksinasi booster baru mencapai 14,82 persen atau sekitar 4.480 orang dari jumlah target sasaran sebanyak 183.974 orang.

Juru Bicara (Jubir) Covid-19 Kota Palembang, Yudhi Setiawan, mengatakan persentase tersebut berdasarkan data vaksinasi Covid-19 di wilayahnya per 6 April 2022. Sedangkan untuk vaksin dosis 1 dan 2 hampir setiap orang sudah selesai.

“Vaksin 1 sudah 100 persen dan vaksin 2 sudah 84,15 persen. Kalau vaksin booster di Palembang dari catatan Dinkes Palembang sudah lebih dari 4.000 orang,” ujarnya di Palembang, Jumat (8/3).

Menurutnya, untuk ketersedian vaksin Covid-19 sendiri memang ada, namun terbilang masih kurang. “Jadi, ketersediaan vaksin di gudang itu kosong, sedangkan di Puskesmas ada beberapa saja,” katanya.

Berdasarkan laporan Dinkes kota setempat, lanjutnya, vaksin yang tersedia di puskesmas saat ini seperti Sinovac, Pfizer, Covovax, Moderna dan Astra Zeneca.

“Sementara stok di RSMH kosong dan di KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan ada Covovax. Hanya saja jika melihat data, dari jumlahnya masih kurang dari kebutuhan saat ini,” ujarnya.

Karena, sambungnya, untuk mencapai target booster per hari tersebut rata rata 4.000 hingga 5.000 disuntikan. Sementara yang tersedia di puskesmas dan KKP saja.

“Sebenarnya selain di gudang, Puskesmas, RSMH dan KKP, di Polri ada juga vaksin. Tapi, secara kebutuhan untuk vaksin booster saat ini memang masih kurang,” katanya.

1395