Home Internasional Shehbaz Sharif Terpilih Menjadi PM Baru Pakistan

Shehbaz Sharif Terpilih Menjadi PM Baru Pakistan

Islamabad, Gatra.com - Parlemen Pakistan mengangkat Shehbaz Sharif sebagai Perdana Menteri yang baru setelah Imran Khan dilengserkan oleh mosi tidak percaya Minggu (10/04) kemarin.

Dilansir dari BBC, pemimpin koalisi oposisi memenangkan dukungan mayoritas di parlemen. Shehbaz Sharif, saudara bungsu dari mantan Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif, akan membentuk kabinet baru hingga pemilu dilakukan pada Agustus 2023.

Shehbaz, 70 tahun, yang memimpin Pakistan Muslim League Nawaz (PMLN) memiliki reputasi untuk efisiensi di bidang ekonomi dan seorang pekerja keras, dan dipuji karena telah melakukan pembangunan infrastruktur secara signifikan.

Seperti juga saudara tuanya, Shehbaz juga tak luput dari tuduhan korupsi dan telah menjalani beberapa waktu di penjara di masa pemerintahan PM sebelumnya Imran Khan.

Dalam pidatonya setelah dipilih, Shehbaz menuduh pemerintahan sebelumnya melakukan kesalahan fatal yakni mismanajemen perekonomian negara dan mengembalikan perekonomian Pakistan ke jalur yang benar adalah sebuah tantangan besar.

Sampai dengan terpilihnya PM baru, PM lama, Imran Khan masih saja menuduh bahwa penggulingannya terjadi karena campur tangan dunia internasional yang disebut sebagai konspirasi asing pimpinan Amerika Serikat, meskipun tidak dapat ia buktikan. Amerika Serikat juga telah menolak mentah-mentah tuduhan tersebut.

153