Home Ekonomi Ganjar: Pemprov Fokus Pemulihan Ekonomi dan Penanggulangan Kemiskinan

Ganjar: Pemprov Fokus Pemulihan Ekonomi dan Penanggulangan Kemiskinan

Banyumas, Gatra.com – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) fokus pada percepatan pemulihan ekonomi dan penanggulangan kemiskinan, disamping melakukan perencanaan pembangunan.

"Terlalu banyak yang akan kita rencanakan, maka kita akan fokus pada dua hal saja, yakni recovery ekonomi dan penanggulangan kemiskinan," kata Ganjar, saat memberikan pengarahannya pada rapat Musrenbang Provinsi Jateng.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar mengapresiasi pemerintah kabupaten/kota terpilih peraih penghargaan Pembangunan Inovasi Daerah (PID),yakni Kabupaten Wonogiri, Pati, Pekalongan dan untuk tiga kota terbaik yakni Kota Pekalongan, Semarang dan Surakarta.

“Dalam konteks pengurangan kemiskinan yang dijabarkan dalam kegiatan 1 OPD satu binaan desa miskin, program sekolah tanpa sekat, program rumah sakit tanpa tembok, sehingga meraih penghargaan di Tahun 2021,” ujar Ganjar, dikutip Sabtu (16/4).

Menurut dia, Provinsi Jawa Tengah sendiri banyak mendapat apresiasi dari tiga kementerian yakni dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Menteri PPN/Kepala Bappenas, Menteri Pertanian, atas Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) yang diperolehnya.

“Provinsi Jawa Tengah telah melakukan banyak hal dan hal yang telah dilakukanya antara lain mendorong re-distribusi pembangunan, mendorong sentra-sentra ekonomi baru yang tumbuh di Jawa Tengah, sehingga ada keseimbangan pembangunan kawasan-kawasan di Provinsi Jawa Tengah,” jelasnya.

Dengan konteks pendekatan kewilayahan yang sudah dilakukan di Jawa Tengah, tercipta percepatan pembangunan kawasan-kawasan yang relatif masih tertinggal yang dapat mengurangi kesenjangan dan redistribusi pembangunan.

Sejumlah Menteri atau pejabat yang mewakili ikut terlibat dalam acara Musrenbang Provinsi Jateng ini. Di antaranya, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Pertanian, Wakil Gubernur, DPRD Prov Jateng, pejabat lainnya dan beberapa unsur organisasi kemasyarakatan di wilayah Provinsi Jawa tengah.

1170