Home Kebencanaan Pemkot Ambon Serahkan Bantuan Rp150 Juta Untuk Korban Seroja di Kota Kupang

Pemkot Ambon Serahkan Bantuan Rp150 Juta Untuk Korban Seroja di Kota Kupang

Kupang, Gatra.com - Walikota Ambon Richard Louhenapessy, S.H menyerahkan bantuan bagi warga masyarakat kota Kupang korban bencana badai siklon tropis Seroja tahun 2021 lalu. Bantuan senilai uang tunai Rp150 juta itu diterima langsung Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore Sabtu, (16 /4) .

Selain bantuan untuk Pemkot Kupang, Walikota Ambon Richard Louhenapessy juga menyerahkan bantuan serupa kepada Pemprov NTT sebesar Rp100 juta yang diterima oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi NTT, Ganef Wurgiyanto.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, S.H mengatakan latar belakang Pemkot Ambon datang ke Kota Kupang adalah rasa solidaritas dan kepedulian terhadap saudara di Kota Kupang pasca bencana Seroja tahun 2021.

“Minta maaf. Kami baru bisa datang membantu sesama saudara kami di kota Kupang dan NTT saat ini karena terkendala pandemic Covid -19. Kami baru datang merelasisasikan bantuan ini sekarang karena pandemi Covid-19 yang mulai melandai ,” kata Richard Louhenapessy.

Lebih lanjut Richard menyebutkan bantuan yang diserahkan ini adalah solidaritas warga Kota Ambon terhadap sesama saudaranya di kota Kupang.

“Warga Kota Ambon tidak bisa melupakan sesame saudaranya di kota Kupang. Fakta mengingatkan saat bencana kemanusiaan yang terjadi di Kota Ambon kurang lebih 22 tahun yang lalu. Terjadi konflik dan kerusuhan kemanusiaan di Kota Ambon. Saat itu banyak warga kota Ambon mengungsi ke kota Kupang dan diterima dan dibantu dengan tulus,” kata Richard.

Walaupun bantuan ini tidak seberapa tegas Richard namun ini merupakan ungkapan rasa persaudaraan masyarakat Kota Ambon untuk memberikan hatinya yang tulus kepada sesama saudaranya di Kupang. “Janganlan melihat nilai bantuan yang kami berikan saata ini. Tetapi lihatlah niat tulus sesama saudara mu di kota Ambon yang begitu peduli terhadap bencana korban siklon Seroja April 2021 lalu. Harapan saya tali persaudaraan ini tetap terjaga. Ingat ‘Katong Samua Basudara’. Ambon dan Kupang adalah saudara kembar ,” kata Richard.

Turut hadir dalam penyerahan tersebut Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler, Ketua TP PKK Kota Ambon, Debby Louhenapessy, Sekretaris Daerah Kota Ambon, Agus Ririmasse, Kajari Kota Ambon, Dian Frits Nalle dan para pimpinan perangkat daerah Kota Ambon.

Sementara itu Walikota Kupang Jefry Riwu Kore menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Ambon bersama istri, Wakil Wali Kota Ambon, Sekretaris Kota Ambon dan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Ambon beserta seluruh jajarannya yang telah mengunjungi di Kota Kupang.

“ Ini adalah bentuk perhatian yang luar biasa dari saudara-saudara di kota Ambon yang memiliki perasaan yang tulus dan prihatin dengan warga terdampak bencana Seroja di Kota Kupang tahun lalu. Saudara-saudara kita di Ambon memberikan perhatian dan kepedulian terhadap kita melalui para pimpinan di daerahnya untuk mengumpulkan dana bagi kita. Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kota Kupang saya menyampaikan terima kasih ,” kata Jefry Riwu Kore. 

 

Keterangan Foto : Walikota Ambon Richard Louhenapessy menyerahkan bantuan kepada Walikota Kupang untuk korban siklon tropis Seroja(Gatra/Antonius Un Taolin ).

 

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS