Home Kebencanaan Balita Terkunci di Mobil, Ortu Auto Panik, Ini Cara Damkar Menolong

Balita Terkunci di Mobil, Ortu Auto Panik, Ini Cara Damkar Menolong

Karanganyar, Gatra.com- Seorang balita terjebak di dalam mobil yang terparkir di garasi rumahnya, Tegalarum Rt 02/Rw III Karanganyar, Jateng, Minggu (17/4). Meski berhasil diselamatkan, namun balita itu mengalami dehidrasi dan trauma.

Awalnya, situasi tersebut dialami balita itu tanpa ketahuan orangtuanya. Ia bermain kunci mobil lalu masuk ke dalamnya. Ayahanda si balita, Johnson Condrokirono kebingungan mencari anaknya itu. Ternyata ia di dalam mobil dalam keadaan pintu tertutup rapat dan mesin mati. Saat berusaha membukanya, pintu mobil terkunci.

Ia dan istrinya auto panik karena anaknya di dalam mulai gelisah, sulit bernapas dan gerah. Orangtua mencoba membuka paksa jendela tapi sulit. Akhirnya menghubungi tim pemadam kebakaran.

Kasi Pemadam Kebakaran Satpol PP Karanganyar, Renggo Buwono mengatakan petugas pemadam kebakaran menerima informasi adanya anak yang terjebak di dalam mobil di wilayah Tegalarum sekitar pukul 15.05 WIB.

"Petugas langsung ke lokasi dan mencoba melakukan evakuasi anak usia dua tahun yang terjebak di dalam mobil," kata dia, Minggu malam.

Petugas mencoba mengevakuasi dengan menggunakan lakban untuk menurunkan kaca mobil. Sejumlah petugas pemadam kebakaran dengan tenaga penuh berhasil menurunkan kaca mobil. Hingga akhirnya menyelamatkan anak yang terjebak di dalam mobil. Saat dievakuasi, sang anak kondisinya nyaris kehabisan oksigen lantaran sudah berada di dalam mobil selama kurang lebih 30 menit.

"Kita temukan anak itu penuh keringat. Beruntungnya mobil terparkir di garasi rumah. Sehingga tidak terlalu panas," kata dia.

Renggo menjelaskan kejadian anak terjebak di dalam mobil karena kelalaian pengawasan orangtua. Saat itu sang anak bermain sendiri di rumahnya. Diduga anak tersebut masuk ke dalam mobil dengan membawa kunci mobil hingga terjebak didalamnya.

Kemudian orangtua mencari keberadaan anak tersebut hingga diketahui berada di dalam mobil. Orangtua berusaha membuka pintu mobil, namun kondisinya terkunci. "Kuncinya ini di dalam mobil. Orangtua pun panik dan menghubungi kami," kata dia.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS