Home Sumbagsel Jelang Mudik, Animo Warga Sumsel untuk Vaksinasi Booster Meningkat

Jelang Mudik, Animo Warga Sumsel untuk Vaksinasi Booster Meningkat

Palembang, Gatra.com -

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), menyebutkan animo masyarakat di wilayahnya terhadap vaksinasi booster mengalami peningkatan menjelang mudik lebaran pada 2022 ini.

Kepala Bidang (Kabud) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Provinsi Sumsel, Ferry Yanuar, mengatakan untuk jumlah warga yang menerima vaksinasi booster jelang mudik lebaran meningkat signifikan dibanding sebelumnya.

“Sejauh ini kami melihat terjadi peningkatan untuk vaksinasi booster jelang mudik tahun ini. Beberapa pekan ini dalam sehari mencapai 22 ribu orang,” ujarnya di Palembang, Senin (18/4).

Menurutnya, jumlah tersebut meningkat jauh dibanding sebelum menjelang mudik lebaran dan kebanyakan mereka yang menjalani vaksinasi booster tersebut di Kota Palembang. Dimana sebelumnya hanya 10 hingga 15 ribu orang dalam sehari.

Dinkes provinsi setempat, lanjutnya telah menyiapkan sebanyak 600 ribu dosis vaksin seiring dengan minat vaksinasi booster masyarakat yang makin tinggi. Pihaknya juga menjamin ketersediaan vaksin tersebut masih cukup untuk layanan booster di wilayahnya.

“Kami minta juga agar kabupaten dan kota di Sumsel untuk tetap mengecek masa expired masing-masing vaksin yang sangat pendek ini,” katanya.

Dijelaskannya, ketersedian jenis vaksin booster di Provinsi Sumsel memang hampir semua jenis vaksin. Hanya saja, untuk Moderna yang sempat kosong, namun dalam pekan lalu Dinkes telah menerima pengiriman Moderna dan dapat digunakan.

“Jadi, misal kosong sesuai dengan edaran daerah dapat menggunakan vaksin yang tersedia karena pada point berikutnya di pedoman jika booster dapat digunakan dengan dosis yang tersedia dengan mengutamakan vaksin yang mau expired,” katanya.

1123