Home Olahraga Barcelona U18 Kukuhkan Diri Jadi Jawara di JIS

Barcelona U18 Kukuhkan Diri Jadi Jawara di JIS

Jakarta, Gatra.com - Barcelona U18 keluar sebagai juara di ajang International Youth Championship (IYC) 2021 yang digelar di Jakarta International Stadium (JIS) selama 13-19 April 2022.

Di partai pamungkas melawan Atletico Madrid U18 pada Selasa, (19/4), The Catalans sukses menyudahi perlawanan Atleti dengan skor tipis 1-0.

Laga baru berjalan satu menit, The Catalans langsung unggul lewat sontekan manis Xavier Moreno Hernandez pada menit pertama.

Hanya saja, gol tersebut tak mengendorkan semangat Atletico Madrid U18. Sepanjang babak pertama, anak asuh Daniel Perez itu berupaya keluar dari tekanan.

Di sisi lain, El Barca tetap bermain dengan filosofi ball possession-nya. Namun, peluang demi peluang yang mereka ciptakan sejak gol pertama tercipta belum berbuah gol lagi.

Skor 1-0 tetap bertahan hingga peluit panjang paruh pertama dibunyikan.

Di babak kedua, pertarungan berlangsung lebih intens. Kedua tim berjibaku saling jual beli serangan. Tiada yang mau mengalah menciptakan peluang emas.

Intensitas itu terasa hingga ke tribun penonton. Tamu undangan lokal seolah terbagi menjadi dua kubu, yakni penggemar Barcelona dan Atleti.

Hanya saja, sorak sorai penonton tak cukup banyak membantu apa yang terjadi di atas rumput hijau. Skor 1-0 tetap bertahan hingga peluit akhir berbunyi.

Dengan kemenangan ini, Barcelona U18 mengukuhkan diri sebagai jawara di JIS. Lawan senegara maupun lawan lokal asal Indonesia sukses mereka tumpas.

Barcelona sempat kewalahan di pertandingan pertama kala jumpa Indonesia All Star U20. Tiki Taka mereka tak nampak. The Catalans ditahan imbang tanpa gol.

Namun, seiring berjalannya waktu, anak asuh Iban Cuadrado tersebut sukses mengembalikan ritme permainan terbaiknya.

“Kita dengan semangat datang ke sini untuk memperlihatkan sepak bola gaya kita,” ujar sang pelatih, Cuadrado, di konferensi pers pertama saat pertama kali menginjakkan kaki di Jakarta pekan lalu.

Dengan cara bermain seperti demikian, di pertandingan kedua, mereka mencukur Atleti 2-0. Di partai ketiga, mereka menggilas Bali United U18 dengan skor 4-0.

Dengan rentetan pencapaian itu, Toni Caravaca dkk. sukses menduduki puncak klasemen akhir dengan perolehan tujuh poin yang membuat mereka berhak satu tiket ke final.

Final malam ini adalah puncak pencapaian tim yang banyak diisi oleh lulusan akademi La Masia itu. Trofi IYC 2021 dengan desain burung Garuda sukses mereka bawa pulang ke Catalonia.

261