Home Pendidikan Keren, 20 Film Karya Guru Banjarnegara Bakal Tayang di Bioskop

Keren, 20 Film Karya Guru Banjarnegara Bakal Tayang di Bioskop

Banyumas, Gatra.com - Sebanyak 20 film karya guru dalam Program Organisasi Penggerak (POP) yang digelar oleh Yayasan Sahabat Muda Indonesia (YSMI) dan Kemenristekdikti bakal ditayangkan di bioskop, 14 Mei 2022 mendatang.

Rencananya, penayangan perdana akan dibuka langsung oleh Plh Bupati Banjarnegara, Syamsudin. Hal ini dipastikan dalam audiensi pengurus YSMI dengan Syamsudin, di kantor Bupati Banjarnegara.

Dalam kesempatan itu Syamsudin menyampaikan kesediaannya hadir untuk menyaksikan karya film peserta POP tahun pertama dan sangat mendukung program gotong royong antara YSMI dengan Kemendikbudristek, sekaligus membuka POP tahun kedua.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan POP ini, karena dapat mengisi ruang kosong yang tidak terjangkau oleh pemerintah maupun organisasi profesi untuk meningkatkan kompetensi guru. Saya berharap karya film bertema sosial budaya yang sudah dihasilkan para guru sasaran POP dapat dipakai oleh seluruh sekolah di Banjarnegara untuk pembelajaran," kata Syamsudin, dalam keterangannya, Selasa malam (19/4).

Ketua Umum YSMI, Heni Purwono mengungkapkan bahwa kegiatan pembukaan POP tahun kedua akan digelar semeriah mungkin. Kegiatan ini sekaligus untuk memperingati hari pendidikan nasional.

"Hal ini untuk mengapresiasi karya mereka, dan sekaligus memeringati Hari Pendidikan Nasional. Launching film mereka di bioskop, tapi masyarakat luas dan sekolah-sekolah nantinya dapat mengakses film karya mereka di kanal Youtube Yayasan Sahabat Muda Indonesia," kata Heni.

Dia menjelaskan, POP yang dilaksanakan oleh YSMI ini menyasar 20 SMP di Kabupaten Banjarnegara dengan melibatkan 40 guru dan 20 kepala sekolah. Program ini berkelanjutan sampai tahun 2023, dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan.

“Tahun ini, selain POP, Kemendikbudristek juga menggelar Program Guru Penggerak (PGP) dan Program Sekolah Penggerak (PSP) secara serentak di Kabupaten Banjarnegara,” jelasnya.

1225