Home Politik Surat Buat Wakil Rakyat Menggema di Depan Gedung DPR

Surat Buat Wakil Rakyat Menggema di Depan Gedung DPR

Jakarta, Gatra.com - Lagu Iwan Fals bertajuk "Surat Buat Wakil Rakyat" menggema di aksi demonstrasi gabungan kaum buruh dan mahasiswa yang berlangsung di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta Pusat, (21/4).

Salah satu kelompok pendemo di tengah-tengah kerumunan massa aksi adalah kumpulan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof Hamka (UHAMKA). Mereka baru bergabung untuk menyampaikan aspirasi dengan kelompok buruh sekitar pukul 14.30 WIB.

"Saudara dipilih bukan dilotre, meski kami tak kenal siapa saudara, kami tak sudi memilih para juara, juara diam, juara he-eh, juara hahaha," teriak mereka lantang menyanyikan lagu Iwan Fals.

Dalam agenda demonstrasi kali itu, kelompok mahasiswa menyuarakan soal krisis yang menimpa masyarakat belakangan ini. Kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng, kenaikan harga BBM, hingga penolakan masa jabatan presiden tiga periode.

Dalam pandangan mereka, DPR sebagai wakil rakyat tidak bekerja maksimal menjalankan fungsinya sebagai pengawas pemerintahan. Mereka mendorong DPR agar menekan pemerintah untuk memperbaiki krisis yang ada.

"Apakah masih pantas disebut Dewan Perwakilan Rakyat atau justru Dewan Pengkhianat Rakyat?" ujar salah satu orator.

Aksi ini merupakan hasil putusan Kongres Rakyat pada 18 April 2022 yang diinisiasi oleh Gerakan Buruh Bersama Rakyat (GEBRAK) dan Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI). Selain menyuarakan tuntuttan-tuntutan mendesak di atas, aksi demonstrasi juga meminta agar koruptor diadili dan dimiskinkan serta segera mewujudkan reforma agraria.

124