Home Ekonomi Momentum Lebaran, Ganjar Minta Bandara JB Soedirman Dioptimalisasi

Momentum Lebaran, Ganjar Minta Bandara JB Soedirman Dioptimalisasi

1138

Banyumas, Gatra.com – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta agar para bupati terutama Bupati Purbalingga, Banyumas, dan Banjarnegara untuk memanfaatkan momentum mudik lebaran tahun ini untuk optimalisasi Bandara JB Soedirman.

Hal ini diungkapkan pada acara dialog Gubernur dengan Bupati/Wali Kota wilayah Pengembangan Barlingmascakeb dan Bregas Malang, di Convention Hall Koesno Sosrodihardjo, Purwokerto, Jumat (22/4).

“Sekarang naik pesawat kan gampang syaratnya dan besok mau mudik, saran saya hari ini momentumnya diambil, kalau bisa orang Purbalingga, Purwokerto, Banjarnegara minimal dari 3 itu atau juga Pemalang diminta untuk memanfaatkannya,” katanya.

Ia juga menyarankan agar pemerintah daerah bisa membantu meringankan tarif pesawat atau subsidi. Misalnya dalam bentuk diskon.

“Ini mungkin akan bisa harian dan itu pasti akan jadi boom,” ungkap Gubernur.

Ia menambahkan, momentum hari raya Idulfitri tahun ini jangan dilewatkan dengan sia-sia. Karena menjelang libur panjang ini dipastikan ekonomi bisa bergerak karena konsumsi masyarakat akan sangat tinggi sekali.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengungkapkan, terkait bandara, mulai Desember 2021 sampai bulan ini masih ada revitalisasi di Bandara Halim Perdanakusuma. Sehingga saat ini Bandara JB Soedirman sementara belum bisa melayani rute penerbangan ke bandara tersebut.

“Kemarin kami difasilitasi oleh Kementerian Perhubungan mengadakan zoom meeting antar Bupati Purbalingga, Banyumas, dan Banjarnegara yang intinya terkait pengaktifan Bandara Pondok Cabe. Sehingga bisa dialihkan dari Bandara Halim Perdanakusuma yang sedang direvitalisasi diarahkan untuk operasional melalui Bandara Pondok Cabe dan Alhamdulillah Bupati Banyumas dan Banjarnegara sama-sama mendukung keberadaan bandara JB Soedirman,” kata Bupati.

Disamping itu, Pemkab Purbalingga juga telah melakukan koordinasi dengan Lion Air Group untuk bisa melayani penerbangan untuk Bandara JB Soedirman. Hal ini mengingat maskapai yang ada, yakni Citilink masih terkendala armada.

“Jadi kami sudah diskusikan dengan maskapai Lion Air Group termasuk Wings Air dan mereka merespon dengan baik,” ungkap Bupati.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan Banyumas juga merasa punya tanggung jawab supaya setiap hari ada penerbangan. Ia mengusulkan agar Bupati Banyumas bersama Purbalingga dan Banjarnegara mungkin juga Pemalang bisa MoU untuk ikut mengisi okupansi pesawat minimal ke Jakarta.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS