Home Regional Pagar Tembok Bekas Keraton Kartasura yang Ambrol adalah Bangunan Cagar Budaya

Pagar Tembok Bekas Keraton Kartasura yang Ambrol adalah Bangunan Cagar Budaya

Sukoharjo, Gatra.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo memastikan bahwa bangunan pagar kuno Keraton Kartasura yang dibongkar adalah Benda Cagar Budaya (BCB). Artinya, bangunan bersejarah yang berusia ratusan tahun itu adalah bangunan yang dilindungi dan tidak boleh diutak-atik.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo, Siti Laila membenarkan pembongkaran bangunan kuno tersebut. Menurutnya, hal itu tidak bisa dibenarkan dengan alasan apapaun. Terlebih sudah sejak beberapa waktu lalu, bangunan pagar Keraton Kartasura itu sedan dalam kajian oleh Tim Ahli BCB.

"Bangunan di sana itu sudah didaftarkan sebagai BCB yang statusnya dilindungi oleh Undang-undang. Itu juga sudah didaftarkan sebagai BCB ke tingkat nasional, kok tahu-tahu ada orang yang membongkarnya, jelas itu menyalahi Undang-undang," tegasnya.

Menurutnya, pagar bangunan yang dibongkar tersebut panjangnya skeitar 5-6 meter. Dimana informasi yang beredar, pemilik tanah yang ada di dalam pagar akan membuat bangunan kos-kosan.

Tetapi tidak tahu kenapa, tiba-tiba ada yang membongkar pagar kuno tersebut. Padahal, tanpa harus membongkar pagar itu, sudah ada akses yang lain.

Sementara itu, disinggung mengenai apakah akan dilaporkan ke pihak berwajib, pihaknya belum bisa memastikan. Sebab ia masih menunggu arahan dari Bupati Sukoharjo, Etik Suryani.

"Kami masih menyusun laporan dan akan segera melaporkan ini pada ibu Bupati untuk menunggu perintah selanjutnya. Tetapi yang jelas bangunan ini adalah BCB yang harus dilindungi," pungkasnya.

1698