Home Kebencanaan Jenazah Korban Terseret Arus Cikawung Ditemukan pada Hari ke-4 Pencarian

Jenazah Korban Terseret Arus Cikawung Ditemukan pada Hari ke-4 Pencarian

Cilacap, Gatra.com – Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan korban tenggelam sungai Cikawung, Bantarpanjang, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Pencarian ini berhasil pada hari keempat, Sabtu (23/4/2022).

 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap, I Nyoman Sidakarya mengatakan korban Sanihar (73 th) ditemukan sekitar pukul 15.50 WIB dengan keadaan meninggal dunia. Jenazah korban ditemukan sejauh 4 kilometer ke arah hilir dari titik kejadian.

 

Dia menjelaskan, korban ditemukan pertama kali oleh seorang warga yang sedang melakukan penyisiran darat. Ia melihat sosok punggung korban terpendam di pasir.

 

“Melihat kejadian tersebut langsung melaporkan ke Basarnas dan kita langsung mengevakuasi korban dengan menggunakan alkon,” ujarnya.

 

 

Selanjutnya, korban dievakuasi dan dibawa ke rumah duka. “Kemudian korban langsung di bawa kerumah duka untuk dimakamkan,” imbuhnya.

 

Nyoman menjelaskan, dengan ditemukanya korban maka secara resmi untuk operasi SAR dinyatakan ditutup dan semua unsur kita kembalikan ke kesatuannya masing-masing.

 

Unsur SAR sendiri merupakan gabungan yang terdiri atas Basarnas Kantor SAR Cilacap, Polsek Cimanggu, Koramil Cimanggu, Satpol PP, perangkat desa, SAR Kokam, MDMC, Bagana, Tagana, Relawan Cimanggu dan warga sekitar.

 

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang petani di Kabupaten Cilacap dilaporkan hilang terseret banjir Sungai Cikawung, di Dusun Nambo, Desa Bantarpanjang, Kecamatan Cimanggu, Rabu petang. Pada Rabu sore, hujan lebat melanda Cilacap bagian barat dan menyebabkan sejumlah desa terendam.

 

Diduga korban terseret sungai Cikawung saat menyeberang sepulang dari kebunnya, di Grugak, Desa Kutasari, Kecamatan Cimanggu. Nahas, saat menyeberang, korban terpeleset dan langsung hanyut lantaran saat itu Sungai Cikawung berdebit tinggi.

 

“Pertama kali kejadian pukul 17.40 Wib saat korban pulang dari berkebun di Grukgak, Kutasari, namun saat hendak menyebrangi Sungai Cikawung korban terpeleset dan tenggelam,” kata Nyoman, di Cilacap, Rabu malam.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS