Home Kebencanaan Diguyur Hujan, Sejumlah Titik di Kota Solok Banjir

Diguyur Hujan, Sejumlah Titik di Kota Solok Banjir

Solok, Gatra.com - Hujan yang mengguyur Kota Solok sejak Sabtu malam (23/4) menyebabkan banjir di sejumlah titik di Kelurahan Simpang Rumbio. Akibatnya, beberapa rumah warga terendam.
 
Kasi Pem & Trantib Kelurahan Simpang Rumbio, Arkaf, mengatakan tingginya curah hujan dan tersumbatnya saluran air menjadi pemicu banjir. Selain rumah warga, air juga menggenang di akses jalan penting antara lain akses jalan menuju SMAN 2 Kota Solok, RS. M.Natsir, serta ke Simpang Pulai. 
 
Arkaf menambahkan banjir kali ini juga disebabkan limpahan air dari daerah-daerah tetangga.
 
"Kami berharap kepada instansi terkait agar segera membantu warga atau masyarakat yang terdampak banjir, serta warga kami yang rumahnya tempat berjualan mereka yang atapnya terkena badai tadi bisa cepat mendapat bantuan," ucapnya, Sabtu (24/4).
 
Arkaf menyebut beberapa warga yang terdampak banjir mengungsi ke rumah tetangga.
 
Kalaksa BPBD Kota Solok, Gusmandri, mengatakan hujan lebat disertai banjir yang mengguyur Solok dan sekitarnya membuat sejumlah titik di Kota Solok. Ada peningkatan debit air di Sungai Bt Lembang dan Bt Gawan.
 
"Namun masih zona aman dan kondusif. Di beberapa titik tergenang air, tepatnya di Simpang Rumbio RT 01, RW 01 & RT 01, dan RW 03, banjir disebabkan drainase saluran parit tersumbat," ungkap Gusmandri. 
 
Dalam penanganan banjir, ia sambil mengimbau agar mengamankan surat dan barang-barang penting ke tempat tinggi.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS