Home Kebencanaan Diguyur Hujan, Sejumlah Titik diKota Solok Mengalami Banjir

Diguyur Hujan, Sejumlah Titik diKota Solok Mengalami Banjir

Solok, Gatra.com- Curah air hujan yang mengguyur Kota Solok pada Sabtu malam (23/4) membuat sejumlah titik di kelurahan Simpang Rumbio, seperti Jalan Telaga Biruhun RT II/RW III, Rawang Pinang RT I RW IV, serta Jalan Pulai RT I/ RW I Simpang Masjid Syukur Kelurahan Simpang Rumbio, Kota Solok mengalami banjir hingga merendam sejumlah rumah warga. 

Kasi Pem & Trantib Kelurahan Simpang Rumbio, Arkaf mengatakan, tingginya curah hujan tersebut memicu banjir akibat tersumbatnya saluran aliran air. Akibatnya beberapa rumah warga dan akses jalan pun tergenang air. 

Akibat banjir itu juga membuat air di saluran drainase meluap hingga menghambat akses jalan menuju SMAN 2 Kota Solok dan RS. M.Natsir, serta ke Simpang Pulai.  "Banjir selain disebabkan curah hujan yang tinggi juga disebabkan oleh penyempitan saluran drainase," tambahnya. 

Arkaf menyebut, banjir ini terjadi akibat peningkatan air dari hulu serta hujan yang mengguyur Kota Solok dan daerah Tetangga. Sehingga banjir juga berdampak dengan terendamnya perumahan warga. 

"Kami berharap kepada instansi terkait agar segera membantu warga atau masyarakat yang terdampak banjir, serta warga kami bisa cepat mendapat bantuan. Warga yang terdampak tadi sekarang masih mengungsi di rumah tetangga, sebab rumah mereka tidak bisa dihuni karena atapnya sudah bolong akibat diterjang angin," ungkapnya.

Kalaksa BPBD, Kota Solok Gusmandri melalui Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Solok Fera Zuana mengatakan banjit di sejumlah titik Kota diakibatkan peningkatan debit air di Sungai Batang Lembang dan Batang Gawan. "Namun masih zona aman dan Kondusif," katanya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS