Home Sumbagsel Pemprov Sumsel Sediakan Bus Mudik Gratis Lebaran 2022

Pemprov Sumsel Sediakan Bus Mudik Gratis Lebaran 2022

Palembang, Gatra.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) menyediakan bus mudik gratis lebaran tahun 2022, bagi warga Kota Palembang yang ingin pulang ke kampung halamannya di wilayah Sumsel.

Adapun rute untuk mudik secara cuma-cuma tersebut yakni Palembang - Pelabuhan Tanjung Api-Api (TAA), kemudian Palembang - OKU - OKU Timur - OKU Selatan, lalu Palembang - Prabumulih - Muara Enim - Lahat - Pagaralam - Empat Lawang dan terakhir rute Palembang - Musi Banyuasin - Lubuk Linggau - Musi Rawas - Musi Rawas Utara.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumsel, Arinarsa JS, mengatakan program bus mudik gratis lebaran tahun ini telah disiapkan sebanyak 12 bus untuk ratusan pemudik yang rencananya akan diberangkatkan dari Terminal Tipe A Alang- Alang Lebar pada H-3 lebaran mendatang.

“Untuk mudik secara gratis ke wilayah Sumsel akan dilakukan pada 29 April 2022 mendatang,” ujarnya di Palembang, Senin (25/4).

Arinarsa mengatakan bahwa bagi warga Palembang yang ingin ikut program tersebut dapat mendaftar lewat barcode yang disiapkan di media sosial milik Dishub Provinsi Sumsel. Selanjutnya, pendaftar nanti akan diarahkan dengan mengisi data email, daerah tujuan mudik, jumlah yang berangkat, sertifikat vaksin, nomor ponsel dan identitas diri.

Kemudian, lanjut Arinarsa, dari web tersebut satu pendaftar dapat mengajak maksimal empat orang untuk mudik gratis. Selain dari web, pendaftaran pun dapat dilakukan secara manual di Kantor Dishub Provinsi Sumsel untuk mengakomodir mereka yang tidak bisa mendaftar dengan barcode.

“Bagi warga yang ingin mudik memang harus memenuhi syarat sudah divaksin. Mereka yang sudah tiga kali atau booster tak perlu melampirkam surat negatif Covid-19. Namun, yang belum booster, sesuai aturan dari Pusat wajib melampirkan surat negatif antigen (dosis lengkap) atau PCR (dosis 1),” ujarnya.

Dikatakannya, untuk pendaftaran mudik secara gratis tahun ini bakal berakhir sehari sebelum keberangkatan atau tepatnya pada 28 April mendatang. Sedangkan jadwal keberangkatan akan dilakukan pukul 08.30 WIB di Terminal AAL.
“Rencananya juga Gubernur Sumsel, Herman Deru yang akan melepas bus mudik gratis ke sejumlah wilayah di Provinsi Sumsel ini,” katanya.

1111