Home BUMN SWA, PLN, dan BUMN Muda Gelar Ajang Indonesia Young Business Leaders Award 2022

SWA, PLN, dan BUMN Muda Gelar Ajang Indonesia Young Business Leaders Award 2022

Jakarta, Gatra.com- Majalah SWA dan PT PLN (Persero) berkolaborasi dengan BUMN Muda, menggelar program “Indonesia Young Business Leaders Award” (IYBLA). Program kompetisi yang dimulai sejak 2021, tahun ini telah memasuki perhelatan kedua.

“Program IYBLA dihadirkan untuk memicu munculnya para pemimpin muda potensial serta mendorong kesiapan mereka  dalam talent pool bisnis nasional. Program ini juga sebagai bentuk apresiasi atau rekognisi kepada kader pemimpin muda bisnis yang potensial dan berprestasi,” kata Group Chief Editor SWA Media, Kemal E. Gani dalam program webinar dan virtual awarding ceremony dengan tema “Developing Great Young Busienss Leaders for Stronger Indonesia”, Rabu (27/4).

Program IYBLA mengundang para profesional muda level manager yang berusia tak lebih dari 35 tahun hingga CEO yang berusia tak lebih dari 40 tahun untuk ikut serta. Selain itu, program ini juga dapat diikuti oleh para entrepreneur maupun sociopreneur muda yang berusia tak lebih dari 40 tahun dan telah mengoperasikan perusahaannya lebih dari dua tahun.

Ada dua tahapan penjurian yang harus dilalui peserta untuk menjadi pemenang IYBLA 2022. Pertama, penjurian paper, di mana peserta dinilai oleh para dewan juri berdasarkan track record (CV dan paper) serta materi paper/slide.

Tahap kedua atau final, peserta yang lolos pada penjurian paper harus presentasi di depan panel Dewan juri independen yang terdiri dari pakar dan praktisi senior di bidang kepemimpinan dan managemen bisnis. Setelah penjurian tahap final tersebut, selanjutnya ditentukan para pemenangnya.

Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia PT PLN (Persero), Yusuf Didi Setiarto menambahkan, ada empat kategori yang dihadirkan pada program IYBLA. Pertama, kategori Young Business Entity Leader, yang ditujukan untuk para peserta yang saat ini menduduki peran kepemimpinan di unit-unit bisnis.

Seperti pemimpin perusahaan atau anak usaha, pemimpun divisi bisnis, dan pemimpin wilayah/area bisnis atau kanal bisnis. Juga factory leader, brand unit leader, dan semacamnya.

Kedua,  kategori Young Business Function Leader, yang diitujukan untuk para peserta yang saat ini memimpin fungsi-fungsi bisnis di levelnya masing-masing. Fungsi-fungsi yang dimaksud, yakni Finance, Marketing,  IT,  Strategy & Planning,  Operation,  dan semacamnya.

Ketiga, kategori Young Entrepreneur Leader, yang ditujukan untuk para founder atau co-founder suatu perusahaan (minimal sudah beroperasi dua tahun) yang masih aktif berperan sebagai eksekutif level-C (sebagai CEO, COO, CIO/CTO, CMO, atau posisi level-C lainnya).

Keempat, kategori Young Sociopreneur Leader, yang diitujukan untuk para founder atau co-founder lembaga social enterprise (minimal sudah beroperasi dua tahun) yang aktif berperan sebagai eksekutif level-C (sebagai CEO, COO, CIO/CTO, CMO, atau posisi level-C lainnya).

“Program IYBLA 2022 telah digelar sejak Desember 2021 hingga 31 Maret 2022 dan diikuti oleh 170 peserta. Itu artinya, mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 100 peserta," jelasnya.

Dari 170 peserta tersebut, ada 33 peserta yang telah berhasil menjadi pemenang. Untuk kategori Business Function Leader, Business Entity Leader, dan Entrepreneur Leader, masing-masing ada 10 pemenang. "Sedangkan kategori Sociopreneur Leader, ada tiga pemenang,” ujarnya.
 

Pada kesempatan webinar tersebut, Yusuf menerangkan, “Di Kementerian BUMN ada lima prioritas, yakni nilai ekonomi sosial untuk Indonesia, bagaimana menciptakan inovasi dari modal bisnis yang ada, kepemimpinan teknologi, bagaimana meningkatkan nilai investasi, dan pengembangan talenta, dalam hal ini bagaimana mengembangan SDM berkualitas untuk Indonesia dengan profesionalitas dan tata kelola yang baik dan sistem seleksi yang dapat dipertanggungjawabkan.”

Diakuinya,  PLN banyak mengalami  tantangan menuju era yang lebih hijau atau green economy. Oleh karena itu, PLN harus berpikir keras untuk merespon situasi itu. Apalagi, saat ini pembangkit di Indonesia mayoritas  berasal dari energi fosil, yang notabene tidak sejalan dengan green economy atau green vision.

“Untuk itu, PLN menyiapkan generasi mendatang yang dapat menjalankan visi-misi baru, menjadi ‘lebih hijau’ di masa yang akan datang. PLN telah menjalankan program pembentukan insan-insan PLN, yang melalui proses penyaringan yang terukur dan terstruktur maupun objektif. Harapannya, dari hasil proses akuisisi talenta ini akan muncul bibit- bibit pemimpin untuk PLN,  termasuk untuk BUMN,” terang Yusuf.

Sementara itu, Managing Partner Dunamis, Tommy Sudjarwadi yang juga mewakili para dewan juri menyebut, program tahun kedua ini, porsi milenial perempuan dan pria seimbang dan mampu menjadi pemimpin. Banyak juga pemimpin lokal yang mampu memecahkan masalah lokal dan sama hebatnya dengan global.

“Tahun ini, kami juga melihat mulai ada fokus-fokus yang menarik. Para pemimpin bukan hanya profesional dalam meniti karir, tapi ada juga pengusaha yang memulai bisnisnya dari kecil hingga menggurita. Bahkan, ada pemimpin yang membangun usaha berbasis sosial,” ucapnya.

Dari sisi karir, diakui Tommy, ada beberapa jalur yang mereka pilih. Pertama, para pemimpin  yang berkembang karena belajar sendiri. Kedua, ada yang cemeralang berkat formal education. Ketiga, ada juga pemimpin yang tumbuh dari komunitas. Terakhir, ada pemimpin yang tumbuh melalui mentoring dan coaching  dari para senior.

Selanjutnya, ia menerangkan ada tiga tren kepemimpinan yang berhasil disimpulkan dari program ini. Pertama, dealing with diversity, yakni bagaimana pemimpin berkaitan dengan kebhinekaan.

Kedua, frequent communication, pemimpin ke depan diharapkan dapat membangun komunikasi yang lebih intens, karena zamannya orang ingin cepat direspon. Ketiga, ongoing innovation, pemimpin yang terus menerus menghadirkan inovasi.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Umum BUMN Muda yang juga Direktur Jaringan dan Layanan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Arga M. Nugraha mengatakan bahwa di BRI, milenial sudah jadi mayoritas, yakni mencapai 83%. "Kami juga memberikan porsi yang lebih besar bagi milenial. Kami punya berbagai inisiatif untuk milenial," jelasnya.

Antara lain, inisiatif BYLI (BRILianN Young Leader indonesia). BRIlian adalah sebutan untuk para pekerja di BRI. Kami memberikan empowerment kepada mereka untuk menduduki posisi lebih tinggi dalam waktu yang lebih singkat.

Adapun Daftar Pemenang "Indonesia Young Business Leaders Award 2022" adalah berikut ini:

Kategori Young Business Function Leader:
Bryan Gunawan - VP of People Lemonilo
Syafrizal Rahadian - Manager Network Service Jember Telkomsel
Rastina Anggraeni, MT - GM Human Capital, Organization, & Culture Development PT Len Industri (Persero)
Florence Dhalia - Customer Logistic Director Procter and Gamble Home Product Indonesia
Herman Yosef Paryono - Organizational Development & Research Manager PT Nutrifood Indonesia
Odi Alfando Prastya - Head of Finance, Control & SCM Division PT Acset Indonusa Tbk
William Christian - Chief Agency Officer – Next Gen Leaders PT AIA Financial
Indridewi Sukagunas - Treasury & Trade Solutions Senior Vice President Citibank N.A., Indonesia
Mohammad Rizal - VP Distribution Network PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
Novita - AVP Of Key Account Trade Partnership Blibli.com (PT Global Digital Niaga)

Kategori Young Business Entity Leader
Ryan Alfian Noor - Direktur Utama Migas Hulu Jabar ONWJ
Arief Rifqi Putranto - Kepala Kantor Daerah Telkom Blitar PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk
Shelly Wijaya - Senior Sales Director PT P&G Home Products Indonesia
Jayawijayaningtiyas - Country Manager Luno Indonesia
Dicky Fajrian - Kepala Divisi Pengelolaan Bisnis Mekaar III PT Permodalan Nasional Madani
Dr. Yuki Mahardhito Adhitya Wardhana. Msi - Senior Vice President Underwriting Division PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)
Indrayoga Suharto - Direktur Bisnis 1 PT Rekadaya Elektrika
Alvina Amanda Danu Atmadja - President Director ASCO Automotive
Ira Lukito - Direktur Marketing PT Choice Plus Makmur
Robin Septavyn - Manajer Unit Pelayanan Pelanggan (MUP3) Pondok Kopi PT PLN (Persero)

Kategori Young Entrepreneur Leader
Sudianto Oei - CEO & Founder PT Hipernet Indodata (Hypernet Technologies)
Gufron Syarif - CEO & Founder PT Inspirasi Bisnis Nusantara
Jacqueline Karina - CEO & Founder PT Kokumindo Berkat Makmur
Ernest Christian Layman - Co-Founder & CEO Rekosistem (PT Khazanah Hijau Indonesia)
Brian Marshal - CEO & Founder SIRCLO
Syamsuria Syamsuddin - Director & Founder Duta Samudera Indonesia
Ahmad Rizqi Meydiarso – CEO PT Feedloop Global Teknologi
Muliandy Nasution CEO & Managing Director Fath Capital
Tama Florentina - CEO & Founder PT Hesitada Inti Desain
Ali Muharam - CEO & Founder Makaroni Ngehe

Kategori Young Sociopreneur Leader
Triyono – CEO CV Difa Lintas Transindo (DIFABIKE)
Dharmaji Suradika - CEO & Co-Founder Pemimpin.id
Steve Wirawan - CEO & Co-Founder PT Storial Indonesia Jaya

792