Home Ekonomi MIND ID: Pembagian Saham PTFI untuk Pemprov Papua dan Pemkab Mimika akan sesuai Perjanjian Induk

MIND ID: Pembagian Saham PTFI untuk Pemprov Papua dan Pemkab Mimika akan sesuai Perjanjian Induk

Jakarta, Gatra.com- BUMN Holdimg Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia (MIND ID) mengatakan bahwa pembagian saham atas PT Freeport Indonesia (PT FI) untuk Pemerintah Papua dan Kabupaten Mimikan akan tetap berjalan sesuai ketentuan sebagaimana diatur dalam perjanjian antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Papua, serta Pemerintah Kabupaten Mimika, dan MIND ID, tentang Pengambilan Saham Divestasi PT Freeport Indonesia tertanggal 12 Januari 2018 (Perjanjain Induk).

Sebagai informasi, MIND ID beranggotakan PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk. SVP Corporate Secretary PT Inalum, Heri Yusuf mengatakan bahwa berdasarkan perjanjian tersebut, Pemprov Papua dan Pemkab Mimika akan membentuk BUMD yang nantinya akan memiliki saham 40% dari PT Indonesia Papua Metal Mineral (IPMM). Dimana IPMM merupakan salah satu pemegang saham PTFI dengan saham sebesar 25%.

"Atas kepemilikan BUMD di IPMM itu, maka secara tidak langsung, kepemilikan Pemprov Papua dan Pemkab Mimika atas PTFI akan menjadi sebesar 10%," ungkap Heri dalam keterangan tertulisnya kepada Gatra.com, Jumat (29/4).

Menurut Heri, saat ini MIND ID menunggu proses pembentukan BUMD oleh Pemprov Papua dan Pemkab Mimika. "Setelah BUMD tersebut dibentuk, maka MIND ID berkomitmen untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan sehubungan dengan pembelian saham IPMM sebagaimana layaknya aksi korporasi untuk transaksi sejenis," jelas dia.

Nah mengingat sampai saat ini BUMD tersebut belum dibentuk oleh Pemprob Papua dan Pemkab Mimika, Heri menegaskan bahwa transaksi pembelian saham IPMM yang saat ini masih dimiliki 100% oleh MIND ID belum dapat dilakukan. Sebab dalam hal ini, MIND ID masih menunggu adanya legalitas BUMD.

"MIND ID akan berpegang teguh pada komitmen awal yang sudah ditetapkan Pemerintah Pusat dalam Perjanjian Induk dengan sangat transparan. MIND ID percaya, PTFI juga berkomitmen untuk melanjutkan usahanya dalam memberikan nilai lebih untuk Provinsi Papua dan kabupaten Mimika," pungkasnya.

177