Home INFO POLRI Lalu lintas Wisata Tawangmangu Ramai Lancar

Lalu lintas Wisata Tawangmangu Ramai Lancar

75

Karanganyar, Gatra.com - Lalu lintas di jalur wisata Tawangmangu dan obyek wisata lereng Lawu terpantau ramai lancar. Prediksi kenaikan volume kendaraan pada H+1 lebaran tidak terbukti.

Sebelumnya, Polres Karanganyar bersiap memberlakukan rekayasa lalu lintas pada H+1 lebaran untuk mengurai kemacetan di jalur ke Tawangmangu. Diprediksi, lalu lintas padat akan mulai terasa dari limpahan wisatawan ke lereng Lawu. Mereka masuk ke Karanganyar dari arah Magetan, Jatim lalu Solo via jalan raya, dan exit tol Kebakkramat.

Ternyata kepadatan arus lalu lintas hanya terlihat di simpang tiga Keprabon. Di simpang tersebut terjadi pertemuan arus kendaraan dari arah Karangpandan menuju Ngargoyoso dan sebaliknya serta dari Karangpandan ke Tawangmangu dan sebaliknya.

Sementara arus lalu lintas di simpang tiga Kelurahan Tawangmangu terpantau lancar. Begitu pula arus lalu lintas di Pasar Tawangmangu juga ramai lancar.

Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Yulianto mengatakan kondisi lalu lintas di jalur wisata Tawangmangu masih landai, meski terjadi peningkatan kendaraan yang melintas. "Hingga H+1 Lebaran ini terpantau ramai lancar. Ada peningkatan tapi belum tinggi," kata dia, Selasa (3/5).

Diprediksikan kawasan wisata akan mengalami lonjakan pada H+2 hingga H+5 Lebaran. Dalam hal ini, Polres akan memberlakukan rekayasa lalu lintas mulai sore ini.

Di simpang Sumokadu, kendaraan pribadi menuju Tawangmangu dialihkan melalui BIP-Hotel Nava- Grogojan Sewu-Cicoa-jalan tembus Tawangmangu dan Sarangan. Sementara arus lalu lintas untuk kendaraan pribadi dari Tawangmangu ke Solo dialihkan melalui jalur Matesih. Rekayasa arus lalu lintas diberlakukan mulai pukul 10.00 sampai arus lalu lintas lancar atau situasional.

Sedangkan bagi kendaraan bus, truk dan sepeda motor tetap menggunakan jalur utama Tawangmangu. Dikatakannya rekayasa lalu lintas di jalur menuju kawasan wisata diberlakukan dengan menempatkan personil di sejumlah titik seperti Simpang 4 Gardu, Karangpandan; Simpang 3 Polsek Matesih, Simpang Sumokadu, Simpang 3 Pojok, dan Simpang 4 BIP Tawangmangu. 

Personel akan memantau kondisi di jalur-jalur tersebut. Apabila ditemukan pergerakan kepadatan lalu lintas di kawasan wisata, maka sistem lalu lintas berupa pengalihan arus kendaraan diberlakukan.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS