Home Regional Banyak Sampah di Pantai Dewaruci, ini Penjelasan Dinas Porapar

Banyak Sampah di Pantai Dewaruci, ini Penjelasan Dinas Porapar

Purworejo, Gatra.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jateng, melalui Kadesnya, Suwarto menyampaikan kritikan pada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Porapar) yang mengelola obwis Pantai Dewaruci. Pasal masalahnya, jumlah pengunjung pantai tersebut membludak, tapi perhatian terhadap petugas jaga dan kebersihan kurang.

Tak hanya Pemdes Jatimalang tempat wisata paling populer di Purworejo tersebut berada, namun pengunjung pantai pun mengritik fasilitas kebersihan pantai (tempat sampah) yang sulit ditemukan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Parpora, Stephanus Aan memberikan klarifikasi melalui aplikasi pesan Whats App, Kamis (5/5/2022). "Terkait petugas yang jaga sampai malam, jatah makan hanya satu kali, perlu diketahui bahwa, petugas yang jaga dari jam 06.00-18.00 WIB dibagi 2 shift. Jadi bukan petugas yang sama terus dari pagi sampai sore, sudah ganti orang," jelas Aan.

Masih menurut Kadinas, saat rapat koordinasi di Dinas Porapar sebelum Lebaran, dihadiri oleh camat, danramil, kapolsek, BPBD, SatpolPP, Dinkes, pihak pemdes, BPD, pokdarwis, SAR Dewaruci, SAR Sigap disepakati bahwa, petugas jaga 2 shift (artinya per 6 jam) difasilitasi makan 1x dan minum kopi, teh dan lainnya yang disediakan di posko.

"Terkait antrian mobil yang mengular, dalam rakor juga disepakati, karena parkir dikelola oleh desa, maka rekayasa lalin situasional melihat kondisi dilakukan oleh pengelola parkir (desa) dengan koordinasi dengan pihak Polsek," jelas Aan.

Mengenai kebersihan yang dianggap kurang, pihak dinas menyampaikan terima kasih atas masukan dan kritikannya. "Terima kasih saran dan kritiknya, memang pengunjung yang sangat banyak menyebabkan pengelolaan sampah perlu ditingkatkan ke depannya. Selama ini kebersihan dibantu oleh Pokdarwis," katanya.

Terkait penerangan yang kurang memadai, sudah menjadi menjadi prioritas untuk dibangun. Tahun 2022 ini secara bertahap akan dibangun penerangan di kawasan Dewaruci.

1253