Home Apa Siapa Mantan Gubernur Jabar Doakan Erick Thohir Sukses, Untuk 2024?

Mantan Gubernur Jabar Doakan Erick Thohir Sukses, Untuk 2024?

Jakarta, Gatra.com - Mantan Gubernur dan tokoh Jawa Barat Solihin Gautama Purwanegara atau bisa dipanggil Mang Ihin mendoakan Menteri BUMN Erick Thohir agar selalu sukses dalam menekankan tugas-tugas negara yang diembannya.

 

Doa Mang Ihin ini disampaikan lewat video pendek yang diunggah oleh Erick Thohir di akun instagram pribadinya @erickthohir. Dalam yang unggahan video itu, mantan Gubernur Jawa Barat tahun 1970-1974 itu sedang di atas kursi roda dengan berkaos berwarna pink.

 

“Saudara Erick Thohir, saya doakan semoga saudara sukses dalam melaksanakan tugas-tugas yang bersangkutan dengan kepentingan negara,” doa Mang Ihin kepada Erick yang dikutip pada Selasa (10/5).

 

Unggahan itu kemudian ditanggapi oleh Erick Thohir lewat keterangan video yang diunggah. Mantan Presiden Inter Milan itu memastikan tanggung jawab sebagai pejabat negara bukanlah sebuah beban, namun hal tersebut lebih pada amanah kepada masyarakat dan bangsa Indonesia.

 

“Tanggung jawab bukan beban, melainkan

 

kesempatan untuk maju. InsyaAllah bísa terus amanah untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara yang kita cintai ini,” kata Erick.

 

Erick yang digadang maju pada Pilpres 2024 itu tak lupa menyampaikan rasa syukur kepada Mang Ihin yang merupakan purnawirawan TNI dengan pangkat Letnan Jenderal tersebut atas doa yang disampaikan kepadanya.

 

“Mang Ihin. Terima kasih telah diingatkan dan didoakan. Sehat-sehat Mang, agar kita dapat berkumpul kembali seperti Oktober lalu,” ucapnya.

 

Fakta unik dari Mang Ihin adalah ada satu kebiasaan yang hingga kini masih dilakukan para tokoh nasional, yakni sowan ke dirinya saat bertarung dalam pemilihan presiden maupun kepala daerah.

 

Sowan ke Solihin GP sudah dilakukan sejak Susilo Bambang Yudhoyono mencalonkan diri sebagai Capres bersama Jusuf Kalla. SBY sowan ke Solihin GP pada masa pilpres tanggal 15 Mei 2004 lalu. SBY kemudian memenangkan pertarungan, termasuk meraih suara tinggi di Jabar.

 

Entah ada hubungan atau tidak dengan kunjungannya ke Solihin GP, yang jelas faktanya demikian. Pada periode kedua, SBY juga lagi-lagi berkunjung ke rumah Solihin GP di Cisitu Indah, Bandung.

 

Pun yang dilakukan oleh Joko Widodo. Saat mengikuti pilpres periode pertama pada 2014, Jokowi melakukan Sowan ke kediaman Mang Ihin pada 29 Mei 2014. Jokowi yang saat itu berpasangan dengan Jusuf Kalla kemudian memenangkan Pilpres. Setelah jadi Presiden, Jokowi juga rutin menyambangi rumah Solihin GP.

 

Puncaknya, pada Pilpres 2019 lalu, Jokowi bahkan menunjuk Solihin GP sebagai Ketua Tim Pemenangan di Jabar. Lagi-lagi Jokowi berhasil menjadi Presiden.

 

Menariknya, Solihin GP sendiri langsung mendoakan Erick Thohir secara langsung tanpa bertemu muka. Namun, Mang Ihin dan Erick Thohir sempat bertemu di bulan Oktober lalu, sebagaimana disampaikan oleh Erick Thohir dalam keterangan unggahannya.