Home Regional IBA Ajak PMI di Singapura Rayakan Lebaran Bersama

IBA Ajak PMI di Singapura Rayakan Lebaran Bersama

Singapura, Gatra.com - International Busines Assosation (IBA) menggelar acara halalbihalal bersama ratusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Singapura yang tidak dapat kembali ke tanah air untuk merayakan Hari Raya Idulfitri 1443 H. Acara silahturahmi sesama pekerja migran itu, digelar di salah satu restoran pada Minggu (8/5) kemarin.

Ketua IBA, Shan San, mengatakan bahwa IBA sengaja mengadakan acara ini guna mengobati kerinduan para PMI di kampung halaman. Tentunya, acara ini juga menjadi kesempatan bersilaturahmi dengan sesama PMI lai yang bekerja di Singapura.

“Kami memahami sekali perasaan teman-teman PMI yang ada di Singapura, saat lebaran pasti keinginan untuk pulang kampung itu sangat besar. Namun karena pekerjaan dan batasan-batasan New Normal pascapandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan, sehingga kami mengadakan acara ini sebagai bentuk kepedulian kepada para PMI," katanya, dalam keterangan tertulis, Rabu (11/5).

Menurutnya, acara halalbihalal yang berlangsung meriah dan penuh suasana hangat ini disambut baik dan antusias oleh para PMI.  Selain makan siang, juga ada pembagian goody bag yang diberikan oleh IBA dan sponsor lainnya. Penampilan hiburan musik kompang serta siraman dakwah turut menambah kemeriahan suasana lebaran di negeri Singa itu.

“Meskipun tidak bisa pulang, tapi bisa berkumpul dengan ratusan teman disini, saya rasa juga membawa kebahagiaan tersendiri bagi para PMI, mereka bisa bertemu kembali, semoga acara kami dapat dinikmati dan berkah bagi mereka," ujarnya.

Perwakilan KBRI untuk Singapura, Yosep Trianugra Tutu yang turut hadir dalam acara tersebut, mengatakan bahwa KBRI siap memberi pelayanan kepada para PMI di Singapura selama 24 jam.

"Kepada bapak ibu, kita siap beri pelayanan jangan ragu menghubungi nomor pelayanan yang telah kita sediakan selama 24 jam non stop," katanya.

Salah satu PMI di Singapura asal Jawa Timur, Siti Suyanti mengaku bahagia dapat berkumpul sesama warga negara Indonesia di negeri jiran tersebut untuk merayakan hari Raya Idulfitri 1443 H.

“Saya sudah dua tahun tidak bisa pulang, pandemi, kangen sekali dengan keluarga, tapi karena IBA ngadain acara halalbihalal di hari lebaran, senang sekali rasanya bisa kumpul dengan teman-teman lain, berbagi cerita, sudah lama tidak bertemu soalnya," tuturnya.

Acara halalbihalal ini ditutup dengan pembagian lucky draw berhadiah menarik bagi pemenang untuk menambah kebahagiaan dan kehangatan kebersamaan sesama warga Indonesia di Singapura.

70