Home Lingkungan Disapu Gelombang Panas 43 °C, Jembatan China-Pakistan Ambrol

Disapu Gelombang Panas 43 °C, Jembatan China-Pakistan Ambrol

10482

Hassanabad, Gatra.com- Gelombang panas parah yang memanggang melelehkan gletser, memicu banjir yang menghanyutkan jembatan penting yang menghubungkan Pakistan dan Cina. Insider, 11/05.

Insiden itu terjadi setelah gelombang panas melelehkan gletser, melepaskan sejumlah besar air. Rekaman kehancuran jembatan itu diedarkan secara online, memperbaharui kekhawatiran tentang perubahan iklim.

Jembatan bersejarah itu hancur dan hanyut oleh gelombang pasang yang kuat pada Sabtu setelah gelombang panas yang parah melelehkan gletser dan melepaskan aliran air ke sungai.

Jembatan Hassanabad di Pakistan, yang terletak di sepanjang Jalan Raya Karakoram yang strategis, runtuh setelah negara itu mengalami suhu tertinggi pada April, yang mencairkan gletser lebih cepat dari biasanya, menurut The Washington Post .

Menurut AccuWeather, mencatat suhu di Pakistan utara yang biasanya berkisar 80 °F hingga 90 °F (26-32 °C) selama beberapa minggu terakhir melonjak melewati 110 °F (43 °C) pada ketinggian yang lebih rendah. Suhu lima sampai 10 derajat lebih tinggi dari rata-rata, kata situs cuaca.

Video dramatis yang beredar online minggu ini menunjukkan jembatan itu runtuh, dengan banyak pengguna media sosial menyuarakan keprihatinan mereka tentang dampak bencana perubahan iklim.

Selain memusnahkan jembatan, banjir bandang juga merusak rumah dan bangunan dan menyapu dua pembangkit listrik, menurut outlet berita Pakistan Dawn.

Selama dua bulan terakhir, Pakistan dan tetangganya India telah dilanda cuaca panas, yang telah menewaskan puluhan orang di kedua negara.

Sherry Rehman, menteri federal Pakistan untuk perubahan iklim, mengatakan pada akhir April bahwa negaranya telah melewatkan musim semi dan langsung beralih dari musim dingin ke musim panas, menurut Reuters.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS