Home Teknologi Alasan Apple Stop Produksi iPod

Alasan Apple Stop Produksi iPod

52

California, Gatra.com -  Apple Inc. akhirnya sampai pada keputusan final untuk menghentikan produksi iPod.  Perangkat yang pernah mengguncang industri musik dan elektronik itu diawal dekade 2000-an itu menjadi  pembuka jalan bagi kehadiran produk-produk Apple lainnya.   Diluncurkan pertamakali 2001 oleh CEO Apple saat itu, Steve Jobs, iPod berevolusi menjadi banyak versi selama bertahun-tahun.  Versi terakhir, iPod Touch diluncurkan 2007  akan tetap dijual sampai persediaan habis.

Apple merilis lusinan versi iPod selama bertahun-tahun, tetapi produknya secara bertahap digeser perangkat lain, terutama iPhone.  Hal itu mendorong perusahaan mulai secara bertahap menghapus model ini mulai tahun 2014. Pada saat itu, Apple berhenti memproduksi iPod classic, versi dengan roda klik dan layar kecil yang paling mirip dengan versi aslinya. Pada tahun 2017, Apple berhenti membuat pemutar musik terkecilnya, iPod Nano dan iPod Shuffle.

iPod Touch — populer sebagai alternatif yang lebih murah daripada iPhone — bertahan beberapa tahun lagi. Perangkat terakhir diperbarui pada 2019 dan berharga $ 199. Bandingkan dengan iPhone termurah dalam portofolio Apple: SE, yang berharga $429. Tetapi dengan begitu banyak cara lain untuk mendapatkan musik, Apple tidak lagi menganggap iPod itu perlu.

“Kami telah mengintegrasikan pengalaman musik yang luar biasa di semua produk kami, dari iPhone ke Apple Watch hingga HomePod mini, dan di seluruh Mac, iPad, dan Apple TV,” kata Greg Joswiak, wakil presiden senior pemasaran di seluruh dunia Apple seperti dikutip Bloomberg, Rabu (11/5).

iPod dipuji sebagai produk yang membantu mengubah Apple dari perusahaan yang hampir bangkrut menjadi raksasa senilai $3 triliun. iPod menjadi pintu untuk pengembangan iPhone, iPad, dan AirPods — produk yang sekarang menghasilkan sebagian besar pendapatan Apple.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS