Home Internasional Ini Sasaran Kemitraan Strategis AS-Indonesia dalam KTT AS-ASEAN

Ini Sasaran Kemitraan Strategis AS-Indonesia dalam KTT AS-ASEAN

Washington D.C, Gatra.com – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus Amerika Serikat (AS) – ASEAN berlangsung di Washington D.C, Amerika Serikat pada 12-13 Mei 2022. KTT Khusus ini menunjukkan komitmen bersama antara AS dan ASEAN sekaligus memperingati 45 tahun hubungan AS-ASEAN.

KTT yang berlangsung di negara Paman Sam ini juga menunjukkan kelanjutan dari partisipasi Presiden AS Joe Biden yang menghadiri KTT AS-ASEAN pada Oktober 2021. KTT Khusus kali ini membahas banyak agenda, mulai dari perluasan peran dan kerja sama AS dengan ASEAN dalam upaya pemulihan COVID-19 dan ketahanan kesehatan, melawan krisis iklim, mendorong pertumbuhan ekonomi, mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, serta memperdalam hubungan antarmasyarakat.

Duta Besar AS untuk Indonesia, Sung Y. Kim dalam keterangannya mengatakan, Pemerintah AS berkomitmen terhadap arsitektur regional yang berpusat pada ASEAN sebagai jantung Indo-Pasifik, serta mendukung peran ASEAN yang kuat, terpadu, dan konstruktif dalam menangani isu-isu kawasan.

Kim mengatakan, kemitraan strategis AS-Indonesia sangat penting untuk mempertahankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Secara ekonomi, perdagangan barang kedua negara tahun lalu meningkat di atas 30%. Komitmen bersama AS-Indonesia juga mencakup demokrasi, HAM, dan regulasi berbasis hukum.

“Menggambarkan hubungan AS-Indonesia, saya sangat optimistis. Kemitraan kita kuat dan dinamis, dan sangat berarti bagi kedua negara dan negara-negara ASEAN lainnya,” ujar Kim. Selain kerja sama ekonomi, kedua negara juga berkomitmen mempredalam peran serta dalam penanganan krisis iklim. “Saat ini merupakan dekade penentu untuk tindakan terkait iklim, dan Indonesia berpotensi untuk menjadi pemimpin iklim global,” lanjutnya.

Hal yang tak kalah penting, yakni melanjutkan kolaborasi berkelanjutan dalam pembangunan infrastruktur kesehatan global dalam upaya melawan COVID-19, serta menjalin hubungan kerja sama di bidang kebudayaan dan pendidikan yang mendalam. “Saya melihat hubungan AS dengan Indonesia dan ASEAN yang semakin kuat di tahun-tahun mendatang,” pungkas Kim.

86