Home Politik Nasdem Jateng-DIY Usulkan 3 Nama Capres

Nasdem Jateng-DIY Usulkan 3 Nama Capres

Karanganyar, Gatra.com - Tiga nama diusulkan masuk bursa calon presiden pada pemilu presiden (pilpres) 2024 oleh kader Jawa Tengah - Daerah Istimewa Yogyakarta Partai Nasdem. Tiga nama itu adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Jawa Tengah-DIY DPP Partai Nasdem, Sugeng Suparwoto, menjelaskan pengajuan tiga nama itu sudah melalui pembahasan internal yang diikuti survei. Elektabilitas tiga tokoh tersebut juga tak bisa dianggap enteng.

Ia mengatakan tiga nama itu akan diusulkan saat rakernas Partai Nasdem pada 15-17 Juni 2022. Nasdem di wilayah Jateng-DIY solid menentukan usulannya. Ia berharap usulan itu gayung bersambut keputusan akhir parpolnya.

"Tentunya hak prerogatif Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh, untuk menentukan calon presiden. Ini merupakan mekanisme kepartaian," kata pria yang juga Ketua Komisi VII DPR ini.

NasDem Jateng-DIY juga berharap poros koalisi yang dibangun DPP mencakup diantara ketiga nama tersebut. Meski demikian, seluruh struktur NasDem di Yogyakarta akan siap memenangkan siapa pun kandidat yang diputuskan Ketua Umum Surya Paloh. Para kader NasDem di Jateng-DIY juga meyakini strategi Surya Paloh akan membawa kiprah Partai NasDem menjadi semakin besar.

2157