Home Milenial Remaja Difabel Winjanji Pameran Lukisan di PeSONas 2022

Remaja Difabel Winjanji Pameran Lukisan di PeSONas 2022

Banyumas, Gatra.com – Anak-anak istimewa bertalenta khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Purbalingga turut memeriahkan rangkaian acara Penyerahan Obor Virtual Special Olympics Nasional (PeSONas), Sabtu (14/05). SLB ini menampilkan beragam karya kreatif anak didik.

Salah satu yang menarik perhatian adalah aksi pelukis cilik yang sedang menuangkan imajinasinya di atas bingkai kanvas. Bocah penuh talenta ini bernama Winjani Rilin Wardani atau akrab disapa Winjani anak didik kelas 2 SMA di SLB Negeri Purbalingga.

Winjani yang memiliki hambatan wicara dan pendengaran. Namun, keterbatasan ini tak membuanya berhenti berkarya. Dia pernah menjuarai beberapa lomba lukis tingkat nasional.

“Lomba lukis tingkat nasional juara 2 tahun 2016 , lomba lukis nasional online juara 3 nasional,” kata Agus Hasim salah satu Guru di SLB Negeri Purbalingga.

Menurut dia, selain kepiawaiannya dalam melukis winjani juga mempunyai keahlian dalam bidang tata rias, modeling dan olahraga. Karena itu, SLB Negeri Purbalingga berkomitmen untuk terus membimbing anak-anak berkebutuhan khusus agar mereka bisa menggali potensi dan bakat yang mereka miliki.

Harapannya supaya tidak ada lagi diskriminasi tehadap para penyandang disabilitas. Selain itu, mereka juga dapat diakui oleh masyarakat dan bisa mengembangkan karier sesuai dengan minat dan keahlian mereka masing-masing.

“Ini buktinya bahwa mereka bisa berkarya dengan bimbingan kami di SLB Negeri Purbalingga,” tutur Hasim.

Seperti diketahui, Obor Virtual Dan Eskpresi Seni Budaya Pekan Spesial Olympic Nasional (PeSONas) Tahun 2022 singgah di Kabupaten Purbalingga, setelah sebelumnya singgah di Banjarnegara. Purbalingga menjadi salah satu dari 42 Kabupaten kota yang mendapatkan kebanggaan dapat menerima obor virtual tersebut.

Bupati Purbalingga, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Purbalingga Agus Winarno mengapresiasi seluruh panitia yang telah mempersiapkan semuanya. Pemkab Purbalingga mengucapkan terima kasih dan bersyukur karena termasuk wilayah yang disinggahi kirab obor.

"PeSONas tahun ini khusus dan kami mendukung sepenuhnya kepada teman-teman yang berkebutuhan khusus untuk mengapresiasikan kemampuannya," kata Agus saat serah terima obor virtual dengan Kabupaten Banjarnegara yang diwakili oleh Asisten Pemerintah dan Kesra Tursiman di Halaman Pendopo Dipokusumo, Sabtu (14/5).

Salah satu karya yang dipamerkan di Penyerahan Obor Virtual Special Olympics Nasional (PeSONas). (GATRA/Ist-Ridlo).

Prosesi ini merupakan rangkaian PeSONas yang puncaknya akan digelar 3-8 Juli mendatang di Semarang. Ketua Special Olympic Indonesia (SOIna) Provinsi Jawa Tengah, Kristijani Kirana mengatakan kegiatan PeSONas membuka ruang dan kesempatan kepada anak-anak yang bertalenta khusus dan bidang lain.

Kegiatan ini memberikan kegembiraan kepada anak-anak yang bertalenta khusus di tingkat nasional. Meningkatkan kecerdasan tidak hanya ada pada nilai akademik tetapi di bidang lain.

" PeSONas kami menyelenggarakan kirab obor dengan tujuan mengkampanyekan SOIna, memberikan penghormatan kepada anak-anak yang bertalenta khusus. Semoga tidak ada lagi anak-anak yang disembunyikan, mari kita bersama-sama membina dan memberikan sosialisasi kepada orang tua," ujarnya.

Ketua SOIna Kab Purbalingga Sutarno mengatakan, PeSONas di Purbalingga akan berlangsung Pelaksanaanya dimulai pada hari Sabtu sampai dengan hari Selasa tanggal 14 sd 17 Mei 2022 dan dimulai pukul 09.30 WIB sd selesai yang ditempatkan di Pendopo Dipokusumo dan GOR Goentoer Darjono Kab. Purbalingga.

" Kegiatannya meliputi pagelaran seni dan budaya, senam bersama, lomba lari, lomba bola finalti, sosialisasi keliling dan kegiatan ini terselenggara atas dukungan Bank Jateng Purbalingga, Pengurus dan Pemkab Purbalingga serta semua pihak," pungkasnya.

1417