Home Mikro Digelar di Jakarta, Kudus Festival Angkat Produk Unggulan UMKM Kota Kretek

Digelar di Jakarta, Kudus Festival Angkat Produk Unggulan UMKM Kota Kretek

241

Kudus, Gatra.com– Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) akan menghelat acara Kudus Festival  pada 21 dan 22 Mei 2022 mendatang di Museum Satria Mandala Jakarta. Belasan seni kebudayaan dan kuliner akan tersedia di acara tahunan tersebut.

“FKMK mengajak komunitas daerah di Jabotabek, usahawan, BUMN dan para pihak untuk bersama-sama memberi kesempatan UMKM, Masayrakat Kreatif dan Seni Budaya kembali berkarya dan berjaya pasca pandemic covid-19,” ungkap Ketua Umum FKMK, Marsma (Purn) Eris Herryanto dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/5).

Sebagai informasi, Kudus Festival 2022 adalah event yang mewadahi para pelaku Seni & Budaya, masyarakat kreatif, dan UMKM untuk kembali unjuk gigi kembali dihadapan masyarakat luas. Event ini diselenggarakan oleh FKMK bekerja sama dengan Pemerintah Kudus, Yayasan BUMN dan para donatur.

“Kudus Festival ini menyajikan aneka pentas budaya & seni, pamer produk UMKM, dan pamer produk makanan khas kudus, yang dibuka untuk umum, dan kami mengajak masyarakat Indonesia untuk menyaksikan kagiatan ini secara langsung di Museum Satria Mandala,” papar Eris.

Sementara itu Ketua Panitia Acara Kudus Festival Himawan Noor Tauriq mengajak masyarakat untuk tidak ketingalan untuk menikmati kuliner khas kudus di Jakarta, dengan harga murah seharga di Kudus. “Mari kita nikmati sajian kuliner Kudus murah meriah di Jakarta, sekaligus kita saksikan pula pentas seni & budaya khas Kudus, seperti tarian, wayang klitik, ketoprak, kirab jenang, dan lain-lain,” katanya.

Dalam pameran produk UMKM nanti akan ditampilkan produk unggulan dari Kudus, termasuk fashion diantaranya batik, ecoprint, bordir, peci,  serta produk kreatif lain. Produk makanan yang ditampilkan antara lain Sate Kebo, Soto Kudus, Garang Asem, Sego Pindang, Sego Kering, Sego Jangkrik, Lentog, dan masih banyak lagi.

“Dua tahun kami tidak menggelar acara tahunan ini karena pandemi melanda Indonesia, namun selama itu kami menyadari satu hal. Banyak UMKM di Kudus tumbuh dan mekar dengan menawan. Kami ingin menunjukkan kualitas mereka,” kata Himawan.

Dia menyebut, sudah waktunya produk-produk UMKM Kudus berbicara lebih di pangsa pasar nasional. FKMK, ingin membantu hal itu terwujud karena yakin banyak sekali produk buatan Kota Kretek yang berkualitas tinggi, sehingga layak ada di pasar nasional.

“Karena inilah kami buat festival ini. Kami ingin  masyarakat luas tahu bahwa Kudus punya segudang potensi, orang-orangnya juga sangat ulet dan kreatif dengan menciptakan banyak sekali produk unggulan,” pungkasnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS