Home Nasional Selama Ramadan, Ada Rp6,3 Miliar Dikucurkan Laznas BSMU, Untuk Apa?

Selama Ramadan, Ada Rp6,3 Miliar Dikucurkan Laznas BSMU, Untuk Apa?

Jakarta, Gatra.com - Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) yang merupakan partner strategis PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) telah menyalurkan berbagai program inspirasi kebaikan dengan total Rp6,3 miliar selama Ramadan 1443H. Total ada sebanyak 78,4 ribu penerima manfaat dan 10 masjid telah mendapatkan bantuan dari Laznas BSMU selama Ramadan.

 

Total program yang disalurkan yaitu sebanyak 5 poin diantaranya adalah Berbagi Paket Berbuka & Sahur, Berbagi Paket Sembako Lebaran, Berbagi THR, Program Clean Up Our Mosque, dan Layanan Zakat & Fidyah.

 

Direktur Eksekutif Laznas BSMU, Sukoriyanto Saputro mengucapkan terima kasih kepada para donatur, nasabah serta seluruh stakeholder yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Ramadan 1443 H. “Semoga kedepannya semakin banyak Inspirasi Kebaikan yang dapat diberikan oleh Bank Syariah Indonesia dan Laznas BSMU,” kata Sukoriyanto dalam keterangannya kepada Gatra.com, Rabu (18/5/2022).

 

Beberapa program yang disalurkan diantaranya Berbagi Paket Berbuka & Sahur. Dalam program ini, Laznas BSMU membagikan paket berbuka dan sahur kepada masjid, pondok pesantren, panti asuhan, panti jompo, dan masyarakat di beberapa fasilitas umum seperti terminal, stasiun dan beberapa Rest Area.

 

Untuk Berbagi Paket Sembako Lebaran, disalurkan kepada beberapa penerima manfaat seperti guru ngaji, guru honorer, da’i, buruh harian, dan masyarakat dhuafa lainnya. Program Berbagi THR merupakan program Ramadan Laznas BSMU berupa santunan untuk anak-anak yatim atau dhuafa penghafal Al Qur'an minimal Juz 30.

 

Program Clean Up Our Mosque merupakan program bersih-bersih masjid dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan untuk meningkatkan kualitas, serta kenyamanan dalam beribadah bagi para jamaah pada bulan Ramadan 1443. Total masjid yang telah dibersihkan sebanyak 10 masjid yang berada di sekitar Kantor Regional BSI dan 1 masjid area Kantor Pusat.

 

Layanan Zakat & Fidyah merupakan program pendistribusian zakat fitrah, zakat mal dan fidyah yang terkumpul kepada penerima manfaat. Pemberian zakat dalam bentuk beras.

 

Laznas BSMU bekerjasama dengan BSI juga membuat Posko Layanan Mudik di 7 titik pemberhentian kendaraan Trans Jawa. Serta layanan Mobil Mushola di Pelabuhan Merak & Bakauheni. Layanan yang diberikan antara lain layanan pemeriksaan kesehatan gratis.

 

Tema utama kegiatan Ramadan 1443 H Laznas BSMU ini adalah Inspirasi Kebaikan. Kegiatan Ramadan Laznas BSMU ini dibagi menjadi dua moment yaitu sebelum dan setelah Ramadan.

 

Untuk kegiatan sebelum Ramadan, Laznas BSMU mengadakan tarhib atau menyambut Ramadan, penyaluran paket sembako dan bersih-bersih masjid. Kemudian pada saat Ramadan, Laznas BSMU juga menggelar sinergi kegiatan kajian online dan layanan konsultasi serta program campaign dan penyaluran.

 

Direktur Marketing and Communication Laznas BSMU, Risyad Iskandar menyampaikan BSM Umat hadir untuk menebar kemaslahatan kepada masyarakat. “Hal ini dilakukan dengan menciptakan program berkesinambungan yang menjadi inspirasi kebaikan. peduli, berbagi, untuk kemaslahatan Indonesia,” kata Risyad.

 

19