Home Sumatera Tak Hanya Proyek Tol, Dinas PUPR Perlu Optimalkan Jalan Provinsi

Tak Hanya Proyek Tol, Dinas PUPR Perlu Optimalkan Jalan Provinsi

55

Pekanbaru,Gatra.com – Seiring pembangunan jalan tol di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau menuju Provinsi Jambi, Dinas PUPR Riau didorong untuk mengoptimalkan infrastruktur jalan provinsi di kabupaten tersebut. 

Menurut Ketua DPRD Riau, Yulisman, optimalisasi jalan provinsi di kabupaten yang dilintasi tol diperlukan guna mendukung mobilitas menuju pintu tol. 

"Itu bagian dari sikap antisipatif. Jangan sampai setelah tol rampung, kita baru sibuk memperbaiki jalan provinsi yang ada di kabupaten," bebernya,Minggu (25/6). 

Nantinya jalan tol di Kabupaten Inhu bakal menghubungkan Rengat (ibu kota kabupaten) dengan Jambi sepanjang 198 kilometer. Proyek yang digarap Hutama Karya ini menelan investasi senilai Rp34 triliun. Selain mengarah ke Jambi, Rengat juga bakal terhubung ke Pekanbaru melalui tol. 

Adapun ruas tol Rengat-Pekanbaru memiliki bentangan sepanjang 207 kilometer. Ruas yang merupakan bagian tol Trans Sumatera ini membutuhkan investasi senilai Rp43 triliun. 

Yulisman sendiri menilai, proyek tol yang melintasi Kabupaten Inhu vital bagi kelancaran mobilitas orang dan barang di Pulau Sumatra. Pasalnya kabupaten tersebut dilintasi oleh jalan Lintas Timur Sumatera, bentang jalan yang menjadi urat nadi logistik di Pulau Andalas. 

"Sejauh mana efeknya nanti bagi kepadatan mobilitas kendaraan di lintas timur, dan seperti apa penataan jalan provinsi menuju pintu tol, itu harus dipikirkan dari sekarang oleh PUPR Provinsi," urainya lagi. 

Selain dilintasi jalan Lintas Timur, Kabupaten Inhu juga dilewati jalan Lintas Tengah yang menghubungkan kabupaten ini dengan Kabupaten Kuansing. Saat ini, kata politisi Golkar tersebut, banyak warga yang mengeluhkan rusaknya jalan di ruas Simpang Japura-Cerenti (jalan Lintas Tengah). 

Kerusakan tersebut menurutnya dalam jangka pendek bisa disiasati Dinas PUPR Riau dengan pengerahan alat berat milik Unit Pelaksana Teknis (UPT). Hanya saja untuk jangka panjang diperlukan pendekatan yang lebih menyeluruh. 

Diketahui saat jalan tol yang melintasi Kabupaten Inhu merupakan tol ketiga di Provinsi Riau. Sebelumya pada akhir 2020 Presiden Jokowi telah meresmikan tol Pekanbaru-Dumai. Kini pembangunan tol juga menuju ke arah Sumatra Barat, tepatnya ruas Bangkinang-Pangkalan. Ruas ini merupakan bagian dari tol Pekanbaru-P adang, dan diperkirakan rampung pada 2023.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS