Home Kebencanaan Jalan Pantura Tergenang Rob Tinggi, Semarang-Demak Macet Parah

Jalan Pantura Tergenang Rob Tinggi, Semarang-Demak Macet Parah

Demak, Gatra.com - Rob tinggi menerjang jalan nasional pantai utara (pantura) yang menghubungkan Semarang - Demak, Jawa Tengah, Senin (23/5). Akibatnya, macet panjang terjadi di kawasan ini.

Titik rob terjadi mulai dari kawasan pasar Sayung hingga Onggorawe, atau hampir 1 kilometer lebih. Tingginya genangan, lebih dari 3o centimeter, membuat sejumlah sepeda motor mengalami mati mesin.

Mereka yang sepeda motornya mogok, terpaksa mendorong sepeda motornya. Tak pelak, situasi ini semakin memperparah kemacetan. Apalagi sejumlah kendaraan besar turut melintas di kawasan itu.

“Awalnya sempat mau ambil jalan pintas. Namun untuk balik lagi, jalan yang dari arah barat ke timur (Semarang-Demak), airnya lebih tinggi. Jadi sekalian saja mencoba menerjang genangan,” ungkap Abdul Aziz, salah seorang warga Semarang yang melintas dengan sepeda motor.

Sejumlah warga nekat menerobos genangan rob di kawasan pasar Sayung, Kabupaten Demak. (GATRA/Muh Slamet)

Aziz mengaku hendak menuju Semarang, usai Sabtu (21/5) lalu pergi dan menginap di Jepara. “Sabtu lalu, saat ke Jepara, kondisinya masih aman-aman saja. Tidak ada rob tinggi seperti ini. Jadi dari barat ke timur aman-aman saja,” terangnya.

Beruntung, Aziz mampu menerobos genangan rob tersebut. Namun dirinya juga masih pikir-pikir dengan kondisi mesin kendaraan bermotornya. “Tentu langsung kita cuci kalau sudah sampai rumah,” tandasnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS