Home Pendidikan Zona Integritas Dicanangkan Dalam Ekosistem Pendidikan Tinggi

Zona Integritas Dicanangkan Dalam Ekosistem Pendidikan Tinggi

Jakarta, Gatra.com - Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Gagas pada ekosistem pendidikan tinggi. Hal ini menjadi bagian Reformasi Birokrasi yang sejak awal digaungkan oleh Presiden, Joko Widodo.

Direktur Kelembagaan, Ditjen Diktiristek, Lukman, menuturkan bahwa Zona Integritas menuju WBK/WBBM merupakan peneguhan dan penyataan resmi bahwa seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) di Direktorat Kelembagaan memiliki kapasitas dan kualitas integritas yang sangat tinggi. Hal ini dilakukan untuk menjaga layanan yang jujur dan bersih dari korupsi.

"Ribuan perguruan tinggi dengan puluhan ribu program studi di seluruh Indonesia sebagai stakeholders yang harus dilayani dengan Integritas, Akuntabilitas, serta Amanah," Ujar Lukman saat ditemui di Kantor Kemendikbudristek, Senin (23/5).

Sementara itu, Inspektur Jenderal Kemendikbudristek, Chatarina Girsang, memaparkan bahwa reformasi birokrasi merupakan perubahan yang terencana dalam proses yang didukung oleh pimpinan organisasi untuk mengubah sistem birokrasi dan relasi yang ada di dalam birokrasi maupun antara birokrasi dengan masyarakat.

Sedangkan, Zona Integritas merupakan miniatur dalam reformasi birokrasi yang bebas dari korupsi sehingga mutlak untuk diimplementasikan secara bersama. 

“Kunci pembangunan Zona Integritas merupakan komitmen dari pimpinan dan semua karyawan untuk menunjukkan semangat dan visi misi yang sama. Hal tersebut dilakukan dengan memberikan kemudahan pelayanan fasilitas yang baik dan semangat hospitality untuk kepuasan pada masyarakat," bebernya.

47